Webinar Hari Ibu: Peran Ibu dalam Kemajuan Bangsa Indonesia

Pada 22 Desember 2020 yang bertepatan dengan perayaan Hari Ibu maka Analog Teacher of Learning menyelenggarakan Webinar Hari Ibu dengan tema “Peran Ibu dalam Kemajuan Bangsa Indonesia” yang ditayangkan live melalui aplikasi zoom dan kanal youtubenya Analog Teacher of Learning dimana foundernya juga merupakan salah satu dosen Sekolah Tinggi Ilmu Alquran (STIQ), yaitu Bapak Syarifuddin, M.Pd.

Dalam penyelenggaraan webinar ini Analog Teacher of Learning bekerja sama dengan salah satu dosen STIQ Amuntai yaitu Ibu Hardiyanti Rahmah, M.Psi., Psikolog yang juga aktif dalam berbagai kegiatan Parenting dan Psikologi Keluarga untuk memberikan materi seputar peran dan tugas para ibu dengan judul “Ibu Memiliki Empat Tangan dalam Kehidupan” yang maknanya adalah Ibu dapat melakukan berbagai hal atau kita sebut dengan istilah multi tasking untuk kepentingan keluarganya di rumah.

Pada materi ini narasumber menjelaskan  bahwa kurangnya pengetahuan dan informasi seputar pengasuhan akan membuat ibu jauh lebih sulit dalam mengambil peran yang dapat menjadi teladan bagi keluarga. Ibu memang merupakan sosok utama dalam mendidik dan mengasuh anak, namun tanpa dukungan positif dari ayah serta kerja sama yang baik dalam proses mengasuh dan mendidik anak tidak akan dapat memaksimalkan peran ibu di rumah dengan tugas aktifnya selama 24 jam, tanpa libur dan tanpa bayaran.

Menurut narasumber tidak akan ada Keluarga yang Bahagia dan Sejahtera jika Ibunya tidak bahagia. Dukungan dan bantuan dari pasangan akan sangat membantu dalam mensejahterakan psikologis para ibu dan meningkatkan kebahagiaan mereka. Anak-anak yang cerdas, pintar, kreatif, jauh dari kenakalan remaja hanya akan lahir dan tumbuh dari orang tua yang dapat mendidik dan mengasuh anak mereka dengan bijaksana, seperti yang dituturkan oleh Jhon Locke dalam teori Tabularasa, bahwa setiap anak yang lahir itu seperti kertas kosong, maka orang tuanyalah yang akan membantu melukis dan membentuk kertas kosong tersebut untuk menjadi seperti apa.

Diakhir penyampaiannya narasumber menekankan bahwa Ibu memiliki banyak peran dalam keluarga, menjadi seorang ibu sama halnya dengan menjadi SUPERHERO yang harus serba bisa, dari sebagai chef, guru, dokter, akuntan, konselor dan banyak lagi lainnya peran para ibu yang harus dihargai oleh anggota keluarganya.




Komentar