PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT OLEH DOSEN STIQ AMUNTAI DI YAYASAN Al-HAFIIZ BARITO KUALA

PONDOK PESANTREN TAHFIIZH QUR’AN DARUL IBTIDAUSSALAM ISLAMIC BOARDING SCHOOL (DIIBS) BARITO KUALA

Seluruh dosen Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur’an (STIQ) Amuntai mempunyai kewajiban untuk melaksanakan pengabdian kepada masyarakat. Salah satu pengabdian yang dilakukan oleh Zam Zam Rasidi, M.Pd, sebagai dosen STIQ Amuntai yaitu menjadi ketua panitia pelaksana psikotes yang dilaksanakan secara online di Pondok Pesantren Tahfizh Qur’an Darul Ibtida’ussalam Islamic Boarding School (DIIBS) Barito Kuala di bawah naungan Yayasan  Al-Hafiiz.

Yayasan  Al-Hafiiz melaksanakan kegiatan psikotes online terhadap seluruh karyawan dan dewan guru pada Pondok Pesantren Tahfizh Quran Darul Ibtidaussalam Islamic Boarding School (DIIBS) Barito Kuala. Kegiatan ini dilakukan sebagai upaya peningkatan kompetensi seluruh karyawan dan dewan guru. Kegiatan psikotes online ini sebagai potensial analysis yaitu bertujuan untuk mengetahui potensi diri secara mendalam, hingga dapat diketahui mana saja potensi diri yang telah berkembang dan mana yang perlu ditingkatkan.

Terlaksananya kegiatan ini melalui kerjasama Yayasan Al-Hafiiz Barito Kuala dengan Yayasan Kyoiku Abadi Bekasi sebagai Konsultan Psikologi yang menyelenggarakan psikotes online ini. Seluruh peserta tes sangat antusias mengikuti kegiatan ini mulai dari pagi datang lebih awal hingga selesai.

Walaupun kegiatan psikotes itu sendiri dilaksanakan secara online Pada hari Rabu tertanggal 18 November 2020, namun Yayasan Al-Hafiiz tetap mewajibkan seluruh pesertanya untuk mengerjakannya pada satu tempat. Dimana pelaksanaannya bertempat di lingkungan Pondok Pesantren Tahfizh Quran Darul Ihsan Anjir Pasar Barito Kuala (PP TQ DI BATOLA), yaitu  di desa Andaman 02, RT. 02, Kecamatan Anjir Pasar, Kabupaten Barito Kuala, Provinsi Kalimantan Selatan. Peserta yang terlibat mengikuti kegiatan psikotes online tersebut berjumlah 11 orang yang merupakan gabungan dari karyawan dan dewan pengajar. Waktu pelaksanaanya yaitu dimulai Pada jam 09.00 WITA sampai dengan selesai.

Media yang digunakan dalam pelaksanaan psikotes tersebut adalah:

1.      Google form          : Untuk angket pendaftaran

2.      Google meet          : Untuk panduan pelaksanaan dan observasi

3.      Web                       : Untuk online tes

4.      WA                       : Untuk Interview

Adapun psikotes tersebut berupa:

1.      Logic Thingking General

2.      Logic Thingking Visual

3.      Energi Kerja dan Konsentrasi

4.      Tes Grafologi

5.      Tes Grafis (Person)

6.      Tes Inventory-Leadership

7.      Interview

Kegiatan ini diakhiri dengan interview satu persatu peserta yang ikut serta dalam psikotes online, dengan durasi waktu kurang lebih 10-15 menit per orang via WA. Karena jumlah peserta lumayan banyak yaitu berjumlah 11 orang, maka dari itu acara ini baru selesai pada jam 17.30 WITA.

Di balik kelancaran pelaksanaan acara tersebut tidak lepas dari kerjasama tim kepanitiaan yang sangat antusias. Mulai dari koordinasi dengan Yayasan Kyoiku Abadi Bekasi selaku konsultan penyelenggara psikotes, persiapan pra kegiatan, monitoring ketika kegiatan, hingga merapikan pasca kegiatan. Adapun susunan kepanitiaan pada kegiatan psikotes tersebut ialah sebagai berikut:

1.      Ketua pelaksana    : Zam Zam Rasidi, M.Pd

2.      Sekretaris              : Irwan, S.Pd.I

3.      Bendahara             : Mita Ilina, S.Pd

4.      Anggota                : Muhammad Khaidir, S.Ag

: Supian Sauri

: Fauzannor





Komentar