Penyuluhan Pentingnya Menjaga Kesehatan di Masa Pandemi Covid 19

Sesuai Undang-undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen serta Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 37 Tahun 2009 tentang Dosen dapat di simpulkan tugas utama Dosen ialah mentransformasikan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Salah satu bentuk pengabdian yang dilakukan oleh dosen STIQ Amuntai ialah pengabdian kepada masyarakat dari berbagai bidang diantaranya yang dilakukan dosen Miftahul Jannah, M. Pd melakukan pengabdian masyarakat di bidang kesehatan melalui penyuluhan tentang pentingnya menjaga kesehatan di masa pandemic covid-19 ini,  yang bekerjasama dengan ibu PKK desa Banua jingah Kabupaten HST yang dikemas dengan nama Posbindu .

Posbindu PTM adalah pos pembinaan terpadu penyakit tidak menular yang dilaksanakan pada hari Rabu, tanggal 23 Juni 2021. Pemerintah desa menganggarkan dana untuk pelaksanakan posbindu, agar masyarakat bisa sedini mungkin mengecek kesehatan bagi usia remaja yaitu mulai umur 15 tahun sampai 59 tahun. Alhamdulilah pelaksanaan nya berjalan lancar, pelaksanaannya setiap 1 bulan sekali. Masyarakat sangat antusias dengan adanya program ini terbukti para bapak-bapak dan ibu-ibu meluangkan waktu mengikuti posbindu. Masyarakat mulai sadar bahwa posbindu sangat bermanfaat Karena kesehatan adalah kunci utama bagi tubuh. Makanan yang selalu siap saji yang tidak diketahui kesehatannya itulah yang membuat kesehatan dapat menurun. Tidak diketahui sisi negatifnya, maka banyak masyarakat usia remaja, mamah muda, bapak muda banyak yang terserang penyakit tidak menular contohnya struke, jantung, kolestrol, asam urat, diabetes dan banyak yang lainnya.karena pola hidup yang salah, semua instan siap saji. Maka pemerintah desa sangat menginginkan masyarakat yang sehat, hidup sehat sampai kakek nenek.


Acara dimulai dengan pembukaan oleh kepala desa dan dokter dari dinas kesehatan HST, setelah itu ada penyuluhan tentang pentingnya kesehatan menurut persfektif agama yang dibawakan oleh Miftahul Jannah, Mpd dikatakan bahwa Dalam ajaran islam ibadah-ibadah yang diperintahkan oleh Allah SWT memberikan manfaat yang secara tidak langsung memberikan efek positif bagi tubuh kita yang menjalaninya sesuai dengan perintah yang diajarkan dalam islam, seperti shalat yang mampu meregangkan otot, sehingga sendi-sendi bisa menjadi lentur dan organ tubuh kita juga mendapatkan manfaat dari gerakan shalat yang dilakukan setiap hari. Wudhu yang menurut penelitian bisa merangsang saraf-saraf pada daerah yang terusap air wudhu dan puasa yang dapat menyehatkan terutama pada sistem metabolisme dalam tubuh manusia karena dengan berpuasa sistem metabolisme bisa menjadi lebih teratur. Dalam islam dijelaskan untuk menjaga kesehatan jasmani bisa dilakukan dengan beberapa cara yaitu Pertama, Menjaga Thoharoh artinya menjaga kesucian dan kebersihan dari semua aspek kehidupan mulai dari sekujur badan, makanan, pakaian, tempat tinggal maupun lingkungan. Kedua, Menjaga Makanan. Ajaran islam selalu mengajarkan agar setiap orang memakan makanan yang baik dan halal, halal itu baik secara zat yang terkandung di dalamnya maupun cara mendapatkan makanan tersebut. Allah memerintahkan kita untuk memakan makanan yang halal dan baik hal ini menunjukkan apresiasi Islam terhadap kesehatan, sebab makanan merupakan salah satu penentu sehat tidaknya seseorang. 

Komentar