Kultum Ramadhan 1442: Meningkatkan kualitas iman dan taqwa seorang muslim di bulan suci Ramadhan

Pengurus masjid Nurul Huda diawal pertama kalinya menyelenggarakan kultum dibulan suci ramadhan. Kultum ini diselenggararakan 3 kali didalam satu minggu setelah shalat  isya’, sebelum shalat tarawih dilaksanakan. Kultum ini diisi oleh beberapa para tokoh agama dan ustadz secara. Salah satunya adalah ustadz Andri Hidayatullah, M.Pd. Beliau adalah salah satu dosen jurusan Pendidikan Bahasa Arab (PBA) di Sekolah Tinggi Ilmu Alqur’an (STIQ) Amuntai. Dan kultum ini dihadiri oleh para jama’ah shalat tarawih  dari masyarakat desa Damar Indah. 

Kegiatan kultum dibulan suci ramadhan ini diselenggarakan oleh pengurus masjid Nurul Huda sebagai bentuk kegiatan yang bermanfaat, untuk menambah ilmu agama serta wawasan masyarakat seputar bulan suci ramadhan. Selain dari pada itu untuk mengambil keberkahan bulan suci ramadhan, sehingga dengan diselenggarakan kegiatan kultum tersebut diharapkan dapat meningkatkan kualitas iman dan taqwa para jama’ah. Karena sebagaimana yang disebutkan didalam Alqur’an dan hadist bahwa bulan ramadhan merupakan bulan yang penuh berkah dan mulia, yang mana didalamnya terdapat banyak keistimewaan-keistimewaan khusus danjuga banyak amalan-amalan  yang mudah untuk mengkualitaskan  iman dan taqwa seorang hamba jika dilakukan dibulan tersebut. dan selain daripada itu pahala bagi orang yang melakukan kebaikan dibulan tersebut akan dilipatgandakan oleh Allah SWT. Oleh karena itu pengurus masjid Nurul Huda menyelenggarakan kegiatan kultum ini sebagai wujud seorang hamba memuliakan bulan suci ramadhan. 

Dalam penyampaian kultum ini Ustadz Andri Hidayatullah, M.Pd mendapatkan jadwal  mengisi kultum sebanyak 3 kali selama bulan ramadhan, yaitu pada tanggal 24, 29 april 2021, dan tanggal 8 mei 2021. Adapun tempat penyelenggaraan kultum ini tepatnya di masjid Nurul Huda, desa Damar Indah, kecamatan Sungai Loban, Kabupaten Tanah Bumbu, Provinsi Kalimantan Selatan. Adapun diantara materi yang disampaikan oleh ustadz Andri Hidayatullah, M.Pd yaitu terkait tentang keistimewaan-keitimewaan bulan suci ramadhan, dan selain itu ustadz Andri Hidayatullah, M.Pd didalam penyampaiannya juga mengutip dari pendapat imam ghozali didalam kitabnya Ihya’ Ulumuddin tentang 3 tingkatan orang berpuasa yaitu: Puasanya orang awam (shaumul umum), Puasa khusus (shaumul khusus) dan puasa khusus dari khusus (shaumul  khususil khusus) dan diakhir jadwalnya ustadz Andri Hidayatullah, M.Pd menjelaskan tentang 6 perkara yang dapat menggerogoti amal-amal baik, yaitu: 1. Sibuk dengan ‘aib orang lain (Al Istighal bi’uyubil kholqi), 2. Hati yang keras (Qaswatul qulub), 3. Cinta dunia (Hubbud-dunya), 4. Sedikit rasa malunya (Qillatul haya’), 5. Panjang angan-angan (Thulul amal), 6. Kedhaliman yang tak pernah berhenti (Dzulmun la yantahi).

Didalam penyelenggaraan kultum ini para jama’ah masyarakat masjid Nurul Huda terlihat antusias dengan adanya kegiatan ini, hal ini dapat dibuktikan ketika masyarakat mengikuti kultum terlihat banyaknya masyarakat yang hadir ke masjid dan mendengarkan kultum dengan penuh kekhusuan.



Komentar