Pengabdian Masyarakat di Bidang Keagaaman oleh Ustadz Akhmad Rusydi, MA

Bahasa Arab adalah bahasa yang sangat berharga dalam khazanah keilmuan Islam, sebagai bahasa resmi yang dengannya diturunkan Alquran, dan dengannya pula Sang Rasul akhir zaman, manusia pilihan yang menjadi panutan seluruh umat Islam menyampaikan berbagai Sunnah dan ajarannya. Sehingga tidak ada jalan pintas manapun bagi setiap muslim untuk memahami agamanya dengan benar dan tepat, kecuali dia harus mempelajari dan menguasai bahasa Arab yang merupakan salah satu kunci utama untuk memahami berbagai bidang ilmu pengetahuan Islam seperti fiqh, tafsir, ushul, dan berbagai ilmu agama Islam lainnya, yang kebanyakan kitab-kitab tentang ilmu-ilmu tersebut dikarang oleh para ulama dengan bahasa Arab.

Sebagai bagian dari dosen tetap yang mengabdikan dirinya di kampus STIQ Amuntai prodi Pendidikan Bahasa Arab, Akhmad Rusydi, MA juga ikut serta ambil bagian dalam pengembangan bahasa Arab baik di kalangan kampus STIQ Amuntai, juga di kalangan masyarakat umum. Di antara bentuk upaya yang dilakukan oleh Rusydi dalam pengembangan bahasa Arab di lingkungan kampus STIQ Amuntai adalah dengan memberikan bimbingan baca kitab kuning terhadap mahasiswa dan mahasiswi STIQ Amuntai di luar jam perkuliahan setiap siang Sabtu dan siang Selasa secara gratis tanpa memungut biaya.

Adapun bentuk upaya yang dilakukan Rusydi dalam pengembangan bahasa Arab di lingkungan masyarakat, salah satunya adalah dengan menjadi pembicara tamu dalam seminar nasional bahasa Arab yang diadakan oleh panitia Darul Mukhbitin, dalam kesempatan tersebut Rusydi diberi amanah oleh panitia untuk berbicara tentang pengalaman mengajar bahasa Arab serta motivasi bagi para pengajar bahasa Arab agar terus memotivasi diri sendiri dan peserta didik untuk mempelajari bahasa Arab.

Selain berkecimpung dalam pengembangan bahasa Arab, Rusydi juga merupakan salah satu ustadz yang dipercaya oleh tim cariustadz.id sebagai salah satu konsultan syariah yang menerima dan menjawab pertanyaan umat dari berbagai penjuru Indonesia.

Selain itu, Rusydi juga aktif sebagai salah satu panitia arisan qurban dan aqiqah mushalla Nurul Huda Desa Lok Bangkai, dan pada pelaksanaan shalat I`dul Adha 1422 H kali ini, Rusydi dipercaya masyarakat untuk menjadi imam sekaligus khatib I`dul Adha di mushalla Nurul Huda Lok Bangkai.

Komentar