Ad Code

Ticker

6/recent/ticker-posts

Menuai keberkahan Bulan Suci Ranadhan Dengan Kegiatan MABIT SANLAT

MABIT SANLAT adalah salah satu sarana pendidikan islam (tarbiyaah islamiyah). Mabit itu sendiri berasal dari bahasa Arab yang Secara bahasa artinya bermalam. Dalam terminologi dakwah dan tarbiyah islamiyah, mabit adalah salah satu wasilah tarbiyah untuk membina ruhiyah, melembutkan hati, membersihkan jiwa, dan membiasakan fisik untuk beribadah kepada Allah SWT seperti shalat tahajjud, dzikir, tadabbur dan tafakkur). Namun sekarang ini mabit didefinisikan sebagai Malam Bina Iman dan Taqwa. Sedangkan SANLAT singkatan dari santri kilat. Jadi MABIT SANLAT adalah Malam Bina Iman dan Taqwa santri kilat.

Sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat untuk membentuk karakter keislaman generasi muda, ustadz Zam Zam Rasyidi, M.Pd selaku dosen STIQ Amuntai mengadakan kegiatan MABIT SANLAT atau Malam Bina Iman dan Taqwa Santri Kilat. Kegiatan ini diselenggarakan di pondok pesantren Darul Ihsan Islamic Boarding School Barito Kuala  (DIIBS BATOLA) Kalimantan Selatan.

Kegiatan ini diselenggarakan secara umum tidak terbatas pada satu sekolah saja, namun dengan syarat masih duduk di bangku sekolah SD/MI sederajat. Terlaksananya kegiatan ini bertepatan pada bulan sucu Ramadhan penuh berkah yang berlangsung selama 2 hari yaitu pada tanggal 19-20 April 2022. Dengan bantuan media informasi secara online, kegiatan MABIT SANLAT ini diminati serta diikuti oleh beberapa SD/MI yang berasal dari tempat yang berbeda-beda.

Kegiatan ini bertujuan untuk membekali santri atau genarasi muda yang tergabung pada program MABIT SANLAT dalam hal keimanan dan ketaqwaan serta mampu mengimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Adapun Materi kegiatan MABIT SANLAT ialah:

  1. Fiqih Ramadhan.
  2. Sirah Nabawiyah
  3. Wirid & Doa Harian
  4. Thaharah
  5. Kayfiat Shalat (Fiqih Shalaat)
  6. Qishasul Ambiya
  7. Shalat Dhuha
  8. Tahsin Al Quran.
  9. Tadarus Al Quran
  10. Tahfizh Al Quran
  11. Sholat Wajib
  12. Qiyamul Lail (Taraweh, Witir, Tahajjud dll)
  13. Sahur & Buka Puasa Berjamaah
  14. Dan Ibadah Lainnya

Para pengajar yang tergabung pada kegiatan MABIT SANLAT ini ialah sebagai berikut:

1.      Ustadz Zam Zam Rasyidi, M.Pd

2.      Ustadz Ahmad Riyadhul Barri, B.Sh

3.      Ustadzah Norlatifah, B.Sc

4.      Ustadzah Mita Ilina, S.Pd

5.      Ustadzah Khairatun Nisa, S.Ag

6.      Ustadz Alwi Shihab

7.      Ustadzah Yulianti

Ustadz Zam Zam Rasyidi, M.Pd selaku dosen sekolah tinggi Ilmu Al-Quran (STIQ) Amuntai berharap, kegiatan-kegiatan positif seperti ini terus terselenggara diberbagai tempat lainnya. Agar terciptanya lingkungan yang agamis dan dapat melahirkan generasi muda yang islami, qurani, serta berakhlaqul karimah.





Posting Komentar

0 Komentar