Ad Code

Ticker

6/recent/ticker-posts

Pelepasan dan Penyambutan Mahasiswa KKN STIQ Rakha Amuntai di Kabupaten Balangan

 

Paringin, Aula Mayang Maurai Komplek Garuda Maharam menjadi saksi atas suksesnya acara Pelepasan dan Penyambutan Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) STIQ Rakha Amuntai di Kecamatan Lampihong dan Kecamatan Batu Mandi, Kabupaten Balangan. Acara tersebut diselenggarakan pada hari Senin tanggal 28 Agustus 2023, berbagai tokoh penting dari kalangan pendidikan, pemerintahan, dan masyarakat turut hadir untuk memberikan semangat dan dukungan kepada mahasiswa peserta KKN. Tercatat hadir dalam acara ini sejumlah tokoh penting, antara lain Bapak Bupati Balangan H. Abdul Hadi, S.Ag., M.I.Kom, Ketua STIQ Rakha Amuntai Dr. H. Abd Hasib Salim, M.AP, Pembantu Ketua 2 STIQ Rakha Amuntai H. Alfianor, Lc., M.Pd.I, Pembantu Ketua 3 STIQ Rakha Amuntai Drs. H. Asyari H. A. Hasan, Ketua BPKKN H. Abdiansyah, S.Pd.I., MM, Bapak Camat Lampihong, Bapak Camat Batu Mandi, para Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), serta Seluruh Kepala Desa se-Kecamatan Lampihong dan Batu Mandi. Turut hadir pula seluruh mahasiswa-mahasiswi peserta KKN STIQ Rakha Amuntai.

Rangkaian acara dimulai dengan pembukaan, pembacaan ayat suci Al-Quran, serta menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars STIQ Rakha Amuntai.  Kemudian Laporan dari Ketua Badan Pelaksana Kuliah Kerja Nyata (BPKKN) STIQ Rakha Amuntai Bapak H. Abdiansyah, S.Pd.I., MM., Beliau memberikan gambaran rinci tentang kegiatan KKN tersebut. Jumlah mahasiswa peserta KKN sebanyak 248 orang, terdiri dari 70 orang laki-laki dan 178 orang perempuan. Mereka tersebar di 43 desa di dua kecamatan, yakni Kecamatan Lampihong sebanyak 26 kelompok KKN  dan Kecamatan Batu Mandi sebanyak 17 kelompok. Kegiatan KKN ini berlangsung selama 45 hari, dimulai dari tanggal 28 Agustus 2023 dan berakhir tanggal 11 Oktober 2023. Fokus kegiatan meliputi aspek keagamaan, pendidikan, pengembangan Al-Quran, serta berbagai bidang sosial kemasyarakatan seperti pembinaan generasi muda, keluarga sejahtera, tata laksana desa, pembangunan fisik, dan aspek mental spiritual.

Ketua STIQ Rakha Amuntai, Dr. H. Abd Hasib Salim, M.AP, dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada bapak Bupati Balangan atas izin dan dukungannya kepada BPKKN STIQ Rakha Amuntai dalam melaksanakan KKN di wilayah Kabupaten Balangan. Bapak Hasib juga mengapresiasi fasilitas luar biasa yang diberikan oleh pemerintah daerah kabupaten Balangan, termasuk gedung tempat kegiatan, konsumsi, bantuan dana, dan fasilitas lainnya. Dia juga memberikan penghargaan kepada para camat dan kepala desa atas bantuan serta dukungan mereka kepada mahasiswa KKN. Bapak Hasib berpesan kepada mahasiswa agar dapat belajar dan beradaptasi dengan baik dalam bermasyarakat serta meminta dukungan dan arahan dari semua pihak.

Sementara itu Bapak Bupati Balangan, H. Abdul Hadi, S.Ag., M.I.Kom, dalam sambutannya, menyampaikan terimaksih dan apresiasi kepada pihak STIQ Rakha Amuntai atas dipilihnya Kabupaten Balangan sebagai tempat KKN tahun 2023 ini. Bapak Bupati menyatakan komitmen pemerintah daerah Kabupaten Balangan dalam mendukung dan membantu segala program kegiatan yang telah disusun oleh BPKKN STIQ Rakha Amuntai. Bupati mengungkapkan bahwa telah dianggarkan hibah sebesar Rp. 250.000.000,- untuk mendukung KKN STIQ Rakha Amuntai dan beliau berharap kedepannya adanya MoU antara Pemerintah Kabupaten Balangan dan STIQ Rakha Amuntai dalam hal pengembangan Keagamaan dan Pendidikan, utamanya pendidikan dalam Bidang Pengembangan Al-Qur’an. Di akhir sambutannya bapak Bupati juga menggambarkan tentang gencarnya program-program pemerintah daerah kabupaten Balangan dalam memajukan bidang keagamaam dan pendidikan di kabupaten tersebut, di antaranya pemberian beasiswa untuk para santri, pelajar, dan pengiriman mahasiswa asal kabupaten Balangan untuk kuliah di universitas-universitas yang berada di Timur Tengah seperta Mesir dan Yaman.

Acara diakhiri dengan momen penyerahan secara simbolis mahasiswa KKN dari ketua STIQ Rakha Amuntai kepada Bapak Bupati Balangan, melambangkan komitmen bersama dalam mengembangkan pendidikan dan keagamaan di wilayah Kabupaten Balangan, meninggalkan kesan mendalam bagi semua yang hadir, menjadi pijakan awal bagi mahasiswa KKN dalam menjalankan misi mulia mereka di masyarakat. Keberhasilan acara ini menjadi bukti kolaborasi yang kuat antara lembaga pendidikan, pemerintah daerah, dan masyarakat dalam menciptakan dampak positif bagi pembangunan masyarakat dan kualitas kehidupan di daerah.


Paringin, 28 Agustus 2023

Sekretaris BPKKN, Dosen STIQ

Ahmad Khalidi

Posting Komentar

0 Komentar