IMPLEMENTASI IPA DI KEHIDUPAN ERA SOCIETY 5.0

Saat ini pendidikan dituntut menghasilkan lulusan yang kompetitif, berdaya saing dan memiliki keahlian serta keterampilan yang dapat diaplikasikan ke kehidupan nyata. Saat ini permasalahan yang mendasar dalam pendidikan kita adalah kurangnya aplikasi dari pembelajaran tersebut, tidak adanya implementasi nyata yang bisa dilakukan pada lingkungan hanya berfokus pada teori dan konsep saja. Padahal yang utama dari pembelajaran adalah pengamalan dari pendidikan tersebut. 

Menciptakan iklim pendidikan yang mendukung. siswa harus lebih dibiasakan dan ditekankan untuk berpikir kritis dan konstruktif agar nantinya pelajaran yang disampaikan dapat benar-benar diterapkan dalam kehidupan sehari-hari secara konkrit serta dapat memecahkan suatu permasalahan yang ada dengan menggunakan pengetahuan dan keterampilan sebagai wujud luaran dari pembelajaran di sekolah.

Jadi pada kesempatan ini Mardiana, M.Pd dosen tetap STIQ Amuntai melakukan Webinar berkolaborasi dengan Analog of Teacher Learning memberikan fasilitas untuk menyampaikan materi tentang Implementasi IPA Di Kehidupan Era Society 5.0  yang dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 7 Januari 2021.

Materi membahas tentang implementasi IPA berupa kegiatan siswa yang bisa dilakukan dalam mendukung materi dan menciptakan keterampilan siswa. Kegiatan siswa berupa kegiatan KRPL berupa kegiatan di lingkungan dengan mengenak budi daya tanaman secara hidroponik, aquaponik, aquascape, dan pengomposan dengan Takakura. Kegiatan tersebut bisa diintegrasikan dengan materi pelajaran IPA sebagai bentuk aplikasinya pada kehidupan nyata. Melalui Kegiatan tersebut diharapkan siswa dapat memperoleh pengalaman nyata dan dan dapat diterapkan dirumah  sebagai bentuk hasil nyata dari belajar di sekolah.




Komentar