Webinar Metaforikasi Al-Quran dalam Tafsir Isyari Ibn 'Arabi

 


Ahad, 13 Juni 2021, Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Sekolah Tinggi Ilmu Al-Quran Amuntai atau disingkat menjadi HMPS PGMI STIQ Amuntai yang diketuai Sandy Aulia Rahman, mahasiswa prodi PGMI semester 4 kembali mengadakan kegiatan webinar dengan tema "Metaforikasi Al-Quran dalam Tafsir Isyari Ibn 'Arabi". Kegiatan dengan koordinator Ustadz Ridhatullah Assya'bani, M.Ag ini merupakan kegiatan rutinan yang diselenggarakan oleh HMPS PGMI STIQ Amuntai sebagai wujud pengabdian kepada masyarakat terkait bidang pengembangan ilmu. 

Kegiatan webinar ini diikuti oleh sekitar 140-an peserta dari berbagai perguruan tinggi se Indonesia. Ahmad Zainil Fadhil pada kegiatan ini selaku pembawa acara memimpin acara dengan susunan sebagai berikut: pertama, pembukaan oleh pembawa acara; kedua, sambutan ketua Prodi PGMI oleh Ustadz Husin, M.Pd; sambutan kedua oleh ketua HMPS PGMI STIQ Amuntai, Sandy Aulia Rahman, sambutan ketiga disampaikan oleh Rahmad Junaidi selaku ketua Dewan Mahasiswa STIQ Amuntai. Dilanjutkan acara berikutnya adalah inti kegiatan webinar, paparan materi dari dua narasumber terkait tema kegiatan, yaitu Muh. Haris Zubaidillah, M.Pd dan Fahmy Farid Purnama, Lc., M.Ag yang dimoderatori oleh Normaliana (mahasiswi STIQ Amuntai Prodi PGMI).

Materi pertama adalah materi tentang apa itu tafsir, metode tafsir, model penelitian tafsir serta deskripsi singkat kitab "Al-Futuhat al-Makkiyah" dan biografi singkat Ibnu 'Arabi yang disampaikan oleh Muh. Haris Zubaidillah, M.Pd.. Sementara pemaparan tentang Metaforikasi Alquran dalam Tafsir Isyari Ibnu 'Arabi dengan rinci dan detail disampaikan oleh pemateri kedua, yaitu Fahmy Farid Purnama, Lc, M.Ag. Kemudian pada sesi pertanyaan, ada empat peserta webinar yang mengajukan pertanyaan terkait dengan tema kegiatan ini yang diikuti penjelasan dari narasumber sebagai jawaban dari pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh peserta webinar.

Kira-kira pukul 11.30, kegiatan inipun usai dan ditutup oleh pembawa acara. Peserta yang hadir terlihat antusias mengikuti kegiatan ini. Semoga melalui kegiatan seperti ini, STIQ Amuntai yang salah satu orientasinya adalah pengembangan kegiatan pembelajaran Alquran akan selalu tetap hadir memberikan pencerahan kepada masyarakat khususnya terkait wawasan Alquran. 

Arsip Kegiatan : di sini




Komentar