Ad Code

Ticker

6/recent/ticker-posts

Kajian Tafsir Surah Ali Imran Ayat 133-136

   

Rusydi berbicara tentang tafsir surah Ali Imran ayat 133 sampai ayat 136

   Kajian tafsir adalah salah satu cara yang paling tepat untuk bisa memahami dan mengerti isi Al-Quran, sebagai seorang muslim yang taat dan peduli dengan kitab suci yang telah Allah amanahkan kepadanya, tentu selayaknya belajar dan ikut mempelajari kajian tafsir agar bisa lebih memahami kandungan ayat Quran yang selama ini dibaca dan dihapalnya.

    Sebagai salah satu dosen STIQ Amuntai yang juga bagian dari masyarakat, Akhmad Rusydi, MA ikut andil dan mengambil tugasnya dalam mengabdi kepada masyarakat dengan cara menjadi pembicara pada kajian tafsir yang diadakan di mushalla Darul Ikhlas Desa Telaga Sari.

  Pada acara tersebut, Rusydi berbicara tentang tafsir surah Ali Imran ayat 133 sampai ayat 136, kegiatan yang berlangsung selama kurang lebih 2 jam tersebut berlangsung dengan khidmat dan khusyu` dan dihadiri oleh puluhan masyarakat sekitar mushalla tersebut.

   Dalam kajian tersebut, Rusydi menjelaskan tentang ciri-ciri orang yang bertakwa yang telah Allah sebutkan dalam surah Ali Imran ayat 133-136 tersebut di atas. Yaitu sebagai berikut: 

    1. Orang-orang yang mampu berbagi kepada sesama, baik dalam keadaan lapang ataupun dalam                 keadaan susah.

    2. Orang-orang yang mampu menahan amarahnya.

    3. Orang-orang yang mampu memaafkan orang lain yang telah berbuat salah kepadanya.

    4. Orang-orang jika terjatuh dalam kesalahan atau kemaksiatan segera bertobat kepada Allah

    5. Orang-orang yang menjaga dirinya agar tidak terjatuh pada kesalahan yang sama untuk kedua                 kalinya.

    Yang mana, jika seorang yang beriman kepada Allah dan hari Akhir mampu untuk mengamalkan dan menjalankan kriteria-kriteria yang tersebut di atas, maka tentu dia akan layak untuk disebut sebagai seseorang yang bertakwa. Tentunya dibarengi dengan sifat-sifat mulia lainnya serta menjauhi sifat-sifat tercela.

    Maka bagi siapapun yang telah Allah nobatkan sebagai seseorang yang bertakwa, maka Allah berjanji akan memberikan ampunan dan surgaNya kepada mereka.

    Selain bertindak sebagai pemateri dalam kajian tafsir di atas, , Rusydi juga aktif sebagai anggota PPK Banjang, dan menjadi salah satu ustadz yang bertugas menjawab pertanyaan umat pada aplikasi tanyaustadz.com.


Posting Komentar

0 Komentar