Oleh: Ade Destri Deviana |
Buku Ajar menjadi sumber ajar dalam belajar yang
merupakan Bahan yang dipelajari guna pembentukan pengetahuan, ketrampilan dan
sikap untuk mencapai kompetensi inti yang ditetapkan. Buku ajar mengandung
materi-materi ajar yang akan diajarkan oleh peserta didik. Buku Ajar disusun
dengan metode R & D dengan prosedur-prosedur yang mudah dan bervariasi.
Penyampaian prosedur penyusunan buku ajar ini dilaksanakan melalui online pada
kuliah tamu tema Academic Writing oleh Dr. Ade Destri Deviana,
M.Pd.I sebagai pembicara/narasumber, dosen STIQ Amuntai. Pada hari Rabu, 27 Oktober 2021 jam
08.00-12.00.
Penyusunan buku
ajar yang lebih mudah adalah dengan prosedur pengembangan Model Dick and Carry
yang meliputi analisis, desain, pengmebangan, implementasi, dan evaluasi.
Analisisi meliputi hal tujuan
Pembelajaran Analisis Instruksional (Analisa penentuan ketrampilan dan
kompetensi apa yang diperlukan untuk mencapai sebuah tujuan), Analisis Siswa
(Kemampuan Aktual siswa dan Gaya belajar), analisis Konteks, analisis Kurikulum.
Desain meliputi perumusan tujuan
Pembelajaran Khusus (Indikator Pembelajaran), dan menentukan tema dari materi yang
dikembangkan. Pengembangan meliputi pengembangan
Materi sesuai Tema yang telah didesain pada kurikulum dan konteks, dan pengembangan
pola pikir penyajian materi sesuai standar pengembangan materi ajar.
Implementasi meliputi uji coba buku ajar dalam sampel kecil. Evaluasi
meliputi penilaian Tim Ahli untuk
kelayakan buku ajar, penilaian berdasarkan hasil dari kelas eksperimen,
kemudian revisi sesuai hasil evaluasi.
Desain materi
ajar pada buku ajar meliputi Penyajian, kualitas isi, konstruksi dan
penggunaan. Kualitas isi meliputi: Kelengkapan materi sesuai indicator, Keakuratan
Konsep., Keakuratan gambar, Keakuratan istilah-istilah, Komunikatif, dan
mendorong rasa ingin tahu. Dalam sesi ini juga dibahas mengenai kriteria
kelayakan Buku Ajar yang ditetapkan oleh
BNSP. BSNP merupakan salah satu lembaga standar di Indonesia yang khusus
menangani standar pendidikan. Lembaga tersebut telah menetapkan standar atau
criteria buku ajar dikatakan layak dan harus dipenuhi. Kelayakan tersebut yaitu
ada 4: Kelayakan Isi, Kelayakan Penyajian, kelayakan bahasa dan kelayakan
kegrafikan. Kelayakan Isi meliputi Kesesuaian SK dan KD dalam Kurikulum, Keakuratan
materi, Materi pendukung pembelajaran. Kelayakan Penyajian meliputi: Sistematika
penyajian, Keruntutan penyajian, Keseimbangan antar bab, Aspek Kelengkapan Buku
yaitu Bagian pendahuluan, Bagian Isi, dan Bagian penutup. Kelayakan Bahasa
meliputi: Kesesuaian pemakaian bahasa dengan tingkat perkembangan siswa dan
intelektualnya, Pemakaian bahasa yang komunikatif, Pemakaian bahasa memenuhi
syarat keruntutan dan keterpaduan alur berfikir. Adapun indicator keruntutan
dan keterpaduan alur berfikir. Kelayakan kegrafikan meliputi Ukuran Buku, Desain
kulit buku (Tata letak, Tipografi,
huruf), Desain Buku (kesesuaian isi, tata letak, Tipografi Isi Buku, dan Daya kemudahan
Pemahaman. Untuk kelengkapan materi
dapat dilihat melalui link youtube berikut: https://youtu.be/KPZTQAy74pE
0 Komentar