Ad Code

Ticker

6/recent/ticker-posts

Pelatihan Pendidik dan Konselor Sebaya: Mengenal, Memahami dan Mengelola Kesehatan Mental pada Remaja

Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kab. HSU pada bulan Desember 2021 melakukan kegiatan Pelatihan Pendidik dan Konselor Sebaya pada perwakilan anggota PIK-Remaja yang ada di Kabupaten HSU. Salah satu narasumber yang mengisi pelatihannya adalah Dosen dari STIQ Amuntai yaitu ibu Hardiyanti Rahmah, M.Psi., Psikolog. Pada kegiatan pelatihan ini ibu Hardiyanti diminta menyampaikan materi tentang “Mengenal, Memahami dan Mengelola Kesehatan Mental pada Remaja”.

Materi yang disampaikan ini diharapkan bisa dipahami dengan baik oleh para remaja perwakilan Kecamatannya yang menjadi peserta pelatihan, karena tugas mereka nanti sebagai konselor sebaya juga harus bisa mengenali tentang bagaimana orang yang sehat secara mental dan bisa menyampaikan kembali kepada teman-teman sebaya mereka tentang bahayanya jika mengalami mental illness.

Kegiatan pelatihan dengan tema kesehatan mental pada remaja ini cukup memunculkan rasa ingin tahu lebih dalam dari peserta pelatihan tentang tema kesehatan mental yang memang cukup menarik pembahasannya, pada sesi diskusi banyak pertanyaan-petanyaan yang muncul tentang upaya-upaya pengobatan dan pencegahan yang dapat dilakukan agar remaja bisa tumbuh dengan mental yang sehat. Pada sesi terakhir narasumber tidak lupa menekankan pada para peserta untuk selalu melatih diri menjadi pribadi yang lebih positif dalam berpikir dan bertindak agar bisa memunculkan rasa bahagia walaupun pada kondisi yang kurang menyenangkan, serta menekankan tentang pentingnya mencari teman sebaya yang bisa membawa dampak positif pada diri mereka, karena lingkungan pertemanan bagi remaja akan membawa dampak yang cukup besar terhadap perilaku, pikiran dan gaya hidup mereka.

 

Posting Komentar

0 Komentar