Ad Code

Ticker

6/recent/ticker-posts

FESTIVAL MUHARRAM SEBAGAI MOMENTUM MENUJU MAHASISIWI QUR'ANI YANG BERKUALITAS DAN SIAP HIJRAH

Bulan Muharam merupakan bulan pertama dalam sistem kalender Qamariyah (kalender Islam), sehingga 1 Muharam merupakan awal tahun baru Hijriyah. Berbagai tradisi dilakukan oleh masyarakat Islam pada bulan Muharam di Indonesia. 

Jika dicermati ekspresi masyarakat di bulan Muharam bisa dikatakan 10 Muharram dianggap hari yang dapat mendatangkan berkah dan keberuntungan yang berlipat sehingga diperingati dengan belanja aneka barang kebutuhan ataupun dengan mengadakan berbagai perayaan sukacita. (Japarudin, 2017) 

Tidak terkecuali diasrama mahasiswi STIQ Amuntai yang juga ikut serta merayakan bulan muharrom dengan mengadakan beberapa lomba, kegiatan ini diebut dengan pekan muharrom yang mana kegiatan dilaksnakan pada tanggal 30 agustus-05 september 2021. Adapun perlombaan yang dilaksanakan antara lain:  


a. Lomba Fashion Show 

Lomba fashion show ini dilaksanakn pada tanggal 30 Agustus 2021, yang mana setiap masing-masing asrma wajib mengutus 2 orang peserta dengan kategori bercadar dan tidak bercadar.


b. Lomba Memasak

Lomba memasak dilaksanakan pada hari ke-2 perlombaan tepatnya pada tanggal 31 agustus 2021. Dan setiap peserta lomba dari masing-masing asrama wajib menyajikan makanan sesuai tema yang telah ditentukan. 

c. Lomba Tahfidz Al-Quran ( MHQ ) 


Lomba Tahfidz Al-Quran dilaksanakn pada tanggal 01 September 2021. Lomba tahfidz al-Quran ini terdapat 2 golongan, golongan pertama merupakan tahfidz 1 juz dan golongan kedua merupakan tahfidz golongan 4 juz. perlombaan ini berlangsung pada pukul 09:30-10:30 WITA untuk peserta yang merupakan prodi PBA dan setelah asar untuk prodi PGMI. 

d. Lomba Tartil Al-Quran


Selain lomba tahfidz quran para peserta pengabdian juga mengadakan lomba tartil quran yang dilaksanakan pada tanggal 02 September 2021. Perlombaan ini wajib diikuti oleh seluruh asrama dengan perwakilan minimal 1 orang. Perlombaan ini diadakan dengan harapan dapat menumbuhkan kesadaran para penghafal quran bahwasanya tartil dalam menghafal quran itu sangatlah penting. 

e. Lomba Tausiyah/Pidato


Untuk lomba tausiyah dilaksanakan pada tanggal 03 September 2021, adapun tema dari lomba tausiyah ini ialah Lomba tausiyah ini wajib diikuti oleh perwakilan setiap asrama. Pelaksanaan lomba ini bertujuan untuk mempersiapkan para mahasiswi untuk terjun di masyarakat dalam menyampaikan dakwah. 

f. Lomba Nasyid 

Lomba nasyid dilaksanakan pada tanggal 04 September 2021 tepatnya di hari terakhir lomba festival pekan muharram. Sama seperti lomba-lomba sebelumnya setiap asrama wajib mengutus kelompok nasyid dengan minimal 3 orang dalam satu kelompok. Untuk lagu yang dibawakan sudah ditentukan oleh para panitia. 


g. Lomba Kebersihan Asrama 

Penilaian asrama dilakukan pada tanggal 04 September, penilaian kebersihan asrama ini dinilai langsung oleh ketua asrama mahasiswi STIQ Amuntai. Sekitar pukul 12:30 WITA Ustadzah Maskanah, M.Pd mendatangi setiap asrama untuk pengecekan asrama.






Posting Komentar

0 Komentar