Ad Code

Ticker

6/recent/ticker-posts

Mewujudkan masyarakat madani dengan mengkualitaskan kehidupan mental spiritual umat melalui kegiatan sosial

Lembaga Bina Insani (LBI) Al Hijrah  adalah sebuah lembaga sosial keagamaan yang didirikan sejak tahun 2000 di daerah batu malang yang menitik beratkan pada pembangunan mental spiritual dalam membangun masyarakat madani melalui berbagai kegiatan seperti majelis ta’lim, pemberian santunan fakir miskin dan anak yatim (Santunan bulanan, sedekah jum’at, sedekah on the road), ziarah ke makam para alim ulama’  (untuk melanjutkan perjuangan para alim ulama’),  pengadaan pengobatan gratis dan konsultasi psikologi. Lembaga ini didirikan atas dasar kepedulian yang muncul setelah melihat fenomena kehidupan umat yang pangkal akarnya sebenarnya lebih banyak disebabkan karena lemahnya pemahaman individu terhadap kehidupan mental spritualnya. Karena meskipun masyarakat itu secara ekonomi kehidupannya menengah kebawah tapi kalau kehidupan mental spiritualnya memiliki pondasi pemahaman yang kuat akan makna kehidupan maka masyarakat akan tetap memiliki jiwa yang kuat untuk bisa mengatasi setiap permasalahan-permasalahan yang muncul didalam menjalani kehidupan , sehingga tidak akan memengkerdilkan semangat dan pertumbuhan jiwanya yang akan berimbas pada sulitnya mewujudkan masyarakat yang madani. 

Lembaga Bina Insani Al Hijrah ini memiliki 9 desa binaan yang tersebar  di kota dan kabupaten malang, yang terdiri dari desa pujon kidul kabupaten malang, dusun princi kabupaten malang, desa boro karang ploso kabupaten malang, komunitas pemudi becak alun-alun  kota malang, komunitas pemudi becak bunul kota malang, desa klerek, desa tutup, desa ngukir, Dan di dusun srengat kota blitar. Dengan keberadaan lembaga Bina Insani Al Hijrah diharapkan mampu berperan dan memberi kontribusi didalam mengupgrade dan mengkualitaskan kepahaman dan kemandirian umat dalam aspek spiritual social dan perekonomian. 

Adapun visi  lembaga Bina Insani Al Hijrah yaitu Meningkatkan dan mengkwalitaskan aktivitas –aktivitas yang sudah berjalan  dan meluaskan kiprahnya baik secara tempat maupun peranan di masyarakat. Dan selain itu Lembaga Bina Insani  Al Hijrah mempunyai Motto, ngeladeni, ngerteni, dan ngopeni.  Ngeladeni artinya selalu siap melayani bantuan yang dibutuhkan oleh umat. Ngerteni artinya memahami setiap situasi dan kondisi umat dalam setiap keadaan. Ngopeni artinya menjaga dan merawat agar setiap aktivitas yang dilakukan terus mampu meningkat dan semakin berkualitas. 

Adapun peran saya “Andri hidayatullah” didalam kelembagaan ini diawali sejak di pasca sarjana UIN maulana malik Ibrahim malang dan sampai saat masih tetap aktif didalam ikut serta dalam mendukung kegiatan yang ada di LBI Al Hijrah baik secara moril spiritual maupun finansial, dan berdasarkan misi yang diemban oleh LBI Al Hijrah insyaAllah kedepannya akan dirintis cabang LBI Al Hijrah di Kalimantan selatan. Demikian bentuk paparan yang dapat saya sampaikan didalam keikutsertaan saya dalam pengabdian masyarakat melalui LBI Al Hijrah. mohon dukungan serta do’anya agar pengabdian ini bisa terus berlanjut dan keberadaan LBI Al Hijrah bisa semakin eksis dalam kepeduliannya untuk mengkualitaskan kehidupan mental spiritual dan social masyarakat.   







Posting Komentar

0 Komentar