Ad Code

Ticker

6/recent/ticker-posts

Membangun Sikap Profesionalisme dalam Berorganisasi

 


Ibu Hardiyanti Rahmah, M.Psi., Psikolog salah satu dosen Prodi PGMI STIQ Amuntai pada bulan Maret 2022 diminta oleh Ibu Sri Huriyati yang merupakan Ketua Tim Penggerak-PKK Kab. Balangan untuk mengisi acara sebagai narasumber pada kegiatan PKK Kab. Balangan tentang bagaimana “Membangun Sikap Profesionalisme dalam Berorganisasi”. Pada kegiatan ini pesertanya dihadiri oleh ibu-ibu yang aktif berorganisasi seperti ibu-ibu PKK Kabupaten dan Kecamatan serta ibu-ibu dari DWP Kab. Balangan, materi yang disampaikan oleh narasumber merupakan hal yang penting dalam membangun komitmen berorganisasi, mengingat kadang tanpa disadari sikap profesionalisme sulit dibangun dalam sebuah organisasi karena merasa tidak nyaman dengan teman atau kerabat sendiri yang berada dalam satu organisasi yang sama.

Pada kesempatan ini narasumber juga menjelaskan bahwa pentingnya menjaga etika ketika berorganisasi. Etika penting di dalam organisasi, dengan tujuan bisa membangun etos kerja yang tinggi dan mengesampingkan urusan personal ketika berada dalam lingkup organisasi, sehingga bisa membangun sikap profesional di dalam kelompok. Ketika di dalam organisasi maka hubungan antar anggota harus dilakukan secara profesional, tidak melibatkan emosi personal, jalinan kekerabatan ataupun kedekatan pada kehidupan pribadi diluar kepentingan organisasi.

Setelah penyampaian materi selesai beberapa peserta juga antusias bertanya tentang tips agar bisa membuat batasan antara sikap professional dan hubungan pertemanan ketika berada dalam satu organisasi yang sama, karena menurut mereka pada akhirnya sulit membangun sikap professional disebabkan rasa sungkan dan segan terhadap teman atau kerabat sendiri. Sehingga para peserta juga mulai memahami bahwa sikap professional dalam berorganisasi perlu dibangun sesuai dengan etika organisasi yang sudah mereka fahami.



Posting Komentar

0 Komentar