Ad Code

Ticker

6/recent/ticker-posts

Dosen STIQ Rakha Amuntai Sebagai Pemateri Kegiatan Sosialisasi dan Motivasi Santri Masuk PTN di Ponpes Rakha Amuntai

Amuntai, 17 Januari 2022, Pondok Pesantren Rasyidiyah Khalidiyah Amuntai mengadakan kegiatan Sosialisasi dan Motivasi Santri masuk Perguruan Tinggi Negeri. Kegiatan ini sepenuhnya dibiayai oleh BAZNAS Nasional, melalui program beasiswa santri berprestasi. Kegiatan tersebut diikuti oleh seluruh santri putra kelas 12 Ponpes Rasyidiyah Khalidiyah Amuntai. Adapun pemateri kegiatan tersebut adalah Muh. Haris Zubaidillah, M.Pd. dan Herdiyanto, S.Pd.I dari dosen STIQ Amuntai dan STAI Rakha Amuntai. Kegiatan ini diadakan sebagai upaya untuk memberikan motivasi kepada para siswa untuk semangat melanjutkan studi ke perguruan tinggi, sekaligus memberikan petunjuk dan cara-cara mendaftarkan diri ke perguruan tinggi tersebut.

Secara umum, siswa yang akan melanjutkan ke perguruan tinggi dapat masuk melalui tiga jenis seleksi; yaitu jalur SNBP (Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi), SNBT (Seleksi Nasional Berdasarkan Tes) dan Jalur Mandiri. Jalur-jalur tersebut harus dilakukan melalui situs SNPMB. 

Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) adalah mekanisme penerimaan mahasiswa baru di lingkup perguruan tinggi negeri (PTN) pada program studi (prodi) D3, D4 (sarjana terapan), dan S1. SNPMB terbagi atas Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) dan Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT).
Dikutip dari laman resminya, SNPMB jalur SNBP diharapkan dapat membantu kampus untuk memperoleh calon mahasiswa berdasarkan prestasi akademik atau akademik dan prestasi lainnya.

Sementara itu, SNPMB jalur SNBT juga diharapkan membantu kampus untuk memperoleh calon mahasiswa berdasarkan hasil UTBK saja atau UTBK dan kriteria lain yang ditetapkan bersama oleh PTN.

SNPMB sendiri dibentuk untuk mempersiapkan dan melaksanakan tes masuk perguruan tinggi yang kredibel, adil, transparan, fleksibel, efisien, dan akuntabel. Tim SNPMB PTN 2023 dibentuk Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) untuk mempersiapkan seleksi masuk PTN.

Tim SNPMB bertugas mempersiapkan, mengelola, dan mengolah data calon mahasiswa sebagai bahan seleksi jalur SNBP dan SNBT untuk rektor PTN.

Tim SNPMB juga melaksanakan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) SNBT dan menyampaikan hasil UTBK kepada peserta dan PTN tujuan. Adapun hasil SNBP dan SNBT ditetapkan oleh PTN masing-masing.

Calon peserta SNPMB jalur SNBP maupun SNBT wajib memiliki akun SNPMB untuk dapat mendaftar SNBP dan SNBT.

Masa pembuatan akun SNPMB bagi sekolah dan siswa calon peserta SNBP dibuka mulai hari ini, Senin, 9 Januari 2023. Registrasi ditutup tanggal 8 Februari 2023 untuk sekolah dan 15 Februari 2023 untuk siswa.

Sementara itu, masa pembuatan akun SNPMB bagi calon peserta SNBT yaitu tanggal 16 Februari 2023.




Posting Komentar

0 Komentar