Ad Code

Ticker

6/recent/ticker-posts

DIKLAT PENDIDIKAN TEMA “DIGITALISASI PEMBELAJARAN MERDEKA BELAJAR DALAM RANGKA MEWUJUDKAN INDONESIA MAJU”

 

Nida Mauizdati, M.Pd.,

Perkembangan zaman diikuti dengan semakin pesatnya perkembangan teknologi. Perkembangan teknologi ini tentunya menjadi menjadikan kehidupan manusia lebih praktis, efektif, mudah, dan efisien. Saat ini kita sudah memasuki era industri 4.0 di mana teknologi internet menjadi kebutuhan manusia.  Dimana semua aspek kehidupan manusia sudah berbasis teknologi internet atau Internet of Things (IoT).  Dalam bidang Pendidikan, perkembangan teknologi ini ini dapat membantu guru atau pendidik atau sistem pendidikan itu sendiri untuk mempermudah proses pendidikan. Dalam hal ini guru dapat memanfaatkan teknologi di antaranya dengan cara memasukkan atau menggunakan atau mengintegrasikan teknologi teknologi yang sedang berkembang ke dalam pembelajaran. Dalam hal ini kurikulum saat ini yaitu kurikulum merdeka juga menghendaki guru guru atau pendidik menggunakan teknologi khususnya internet sebagai sarana pembelajarannya untuk meningkatkan hasil pembelajaran.

Kurikulum Merdeka biasanya menekankan pada pembelajaran yang lebih kontekstualdan berpusat pada peserta didik.  Menanggapi hal ini, maka Digital Learning Center mengadakan Diklat pendidikan Nasional yang bertujuan untuk meningkatkan Keterampilan dan pengetahuan para pendidik dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab mereka di dunia pendidikan. Pelaksanaan diklat pada tanggal 16, 17, 18 dan 19 Agustus 2023 dengan tema “Digitalisasi Pembelajaran Merdeka Belajar dalam Rangka Mewujudkan Indonesia Maju” diselenggarakan melalui Zoom Meeting dan Kanal Youtube DLC. Para Narasumber Diklat dari berbagai Perguruan Tinggi di Indonesia, salah satunya dari STIQ Amuntai yaitu Nida Mauizdati, M.Pd., dengan penyampaian materi tentang Pembelajaran berbasis ICT pada Kurikulum Merdeka pada hari Jum’at, 18 Agustus 2023.

Adapun sedikit ulasan dari materi hari ini, yaitu  pemanfaatan teknologi informasi komunikasi sebagai media pembelajaran memiliki tujuan untuk mempermudah penyerapan informasi dari guru ke siswa. Peran teknologi informasi dalam pembelajaran ada tiga yaitu sebagai suplemen atau tambahan, komplemen atau pelengkap, dan sebagai pengganti atau substitusi. Suplemen berarti peserta didik memiliki kebebasan untuk memilih akan menggunakan teknologi atau tidak. Sebagai Komplemen berarti teknologi diprogramkan untuk melengkapi materi pembelajaran yang dilakukan di kelas. Sebagai substitusi berarti teknologi menjadi alternatif kegiatan pengganti dari kegiatan dalam kelas. Dalam kurikulum merdeka saat ini, peran teknologi sangat terlihat dari banyaknya materi materi ajar yang dapat diakses oleh guru dan siswa di internet juga banyaknya aplikasi aplikasi penunjang pembelajaran.

Posting Komentar

0 Komentar