Ad Code

Ticker

6/recent/ticker-posts

Workshop Pendidikan Nasional Tema : Mewujudkan Pendidikan Inovatif dan Berkarakter di Era Kurikulum Merdeka

 

Mardiana, M.Pd

Pada era Kurikulum Merdeka, pendidikan di Indonesia mengalami transformasi yang signifikan. Kurikulum ini memberikan kebebasan kepada sekolah, pendidik, dan peserta didik untuk lebih fleksibel dalam pembelajaran, dengan tujuan utama mengoptimalkan potensi siswa. Perubahan ini diharapkan mampu menjawab tantangan zaman yang semakin dinamis dan menuntut generasi penerus yang inovatif, kreatif, serta berkarakter kuat.

Mewujudkan pendidikan inovatif dan berkarakter di era Kurikulum Merdeka memerlukan sinergi antara pemerintah, pendidik, siswa, dan masyarakat. Kurikulum Merdeka memberikan kebebasan kepada sekolah dan guru untuk merancang pembelajaran yang relevan dengan kebutuhan siswa dan lingkungan sekitar.

Sehubungan dengan harapan untuk mencapai keberhasilan dalam mewujudkan  pendidikan inovatif dan berkarakter di era Kurikulum Merdeka. Analog Teacher of Learning mengadakan Workshop Pendidikan Nasional pada tanggal 9 sampai dengan 12 Oktober 2024, dengan Narasumber dari berbagai Perguruan tinggi di Indonesia. Salah satunya dari Perguruan tinggi yang ada di Kalimantan Selatan yaitu Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur`an Amuntai dengan Narasumber yang Bernama Mardiana, M.Pd yang membawakan materi sesuai tema yang berjudul “ Materi Berbasis Proyek Untuk Menguatkan Karakter dan Kemampuan Siswa”. Pembahasan dengan menampilkan Gambaran dari kondisi Pendidikan saat ini yang terus bergerak maju dalam melakukan perubahan karakter melalui strategi inovatif yang dilaksanakan oleh setiap sekolah. Walaupun kadang dalam pelaksanaannya banyak tantangan dan problamatik yang muncul. Perlunya kerjasama dari Pemerintah, Pendidik, Siswa, dan Masyarakat. Maka tantangan tersebut akan teratasi dengan baik. Materi berbasis proyek untuk menguatkan karakter dan kemampuan siswa adalah Project Based Learning (PjBL). PjBL merupakan model pembelajaran yang menggunakan proyek sebagai media untuk membantu siswa mengembangkan kemampuan berpikir kritis, mengatasi masalah, dan membangun karakter. 

Dalam PjBL, siswa bekerja secara mandiri untuk menyelesaikan proyek yang diberikan oleh guru. Proyek ini dapat berupa produk atau layanan yang dihasilkan dari pemecahan masalah yang diidentifikasi siswa. Manfaat PjBL: Mengembangkan kemampuan berpikir kritis, Mengembangkan rasa tanggung jawab, Membantu siswa mengatasi masalah, Membantu siswa belajar dari lingkungan sekitarnya, Membantu siswa menumbuhkan karakter luhur. Contoh proyek yang dapat dilakukan dalam PjBL: Proyek video, Proyek penelitian, Proyek kesenian, Proyek teknologi, Proyek field trip, Proyek STEM.

Posting Komentar

0 Komentar