Dialog Interaktif : Pola Asuh Anak dan Remaja dengan Penuh Cinta dan Kasih Sayang di Masa Pandemi Covid-19

Di masa penyelenggaraan Sekolah di rumah selama adanya Pandemi Covid-19 ini salah satu dosen STIQ Hardiyanti Rahmah, M.Psi., Psikolog yang juga merupakan Psikolog di PUSPAGA Kab. HSU mengisi Dialog Interaktif di Televisi KOMINFO HSU pada Juli 2020 tentang Pengasuhan Anak dan Remaja selama Pandemi Covid-19 bersama ibu Ketua TP PKK Kab.HSU Ibu Dra. Hj. Anisah Wahid, M.AP dan ibu Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Ibu Hj. Gusti Iskandariah, S. Sos, M.AP.

Pada dialog interaktif ini peran orang tua memang sangat penting dalam proses pengasuhan, terutama dalam mendampingi pembelajaran anak selama di rumah dimana hampir semua proses belajar dilakukan secara online. Banyak sekali para orang tua yang menyampaikan berbagai kendala yang mereka alami selama mengasuh anak di rumah karena ketidaksiapan, kekurangan informasi dan sulitnya para orang tua dalam membagi waktu antara pekerjaan mereka dan menampingi proses belajar anak.

Dengan adanya berbagai kondisi tersebut maka dijelaskan oleh Ibu Hardiyanti Rahmah, M.Psi., Psikolog bahwa sangat penting bagi orangtua untuk mengupgrade informasi dan berdiskusi dengan pasangan dalam proses pendampingan anak belajar dan perlu adanya pembagian peran antara Ayah dan Ibu agar proses pendampingan  berjalan maksimal. Memahami lagi bagaimana proses pengasuhan yang membuat anak dan orangtua bisa bekerja sama dengan maksimal akan membantu untuk menerapkan Pengasuhan yang Penuh dengan Kasih Sayang sebagaimana yang diharapkan pada proses dialog interaktif ini.






Komentar