Parenting Online: Memahami Konsep Pengasuhan dan Mengoptimalkan Tumbuh Kembang ABK

Pada November 2020 salah satu dosen Sekolah Tinggi Ilmu Alquran Hardiyanti Rahmah, M.Psi., Psikolog yang juga menjadi Konsultan Psikolog di Pusat Layanan Anak Berkebutuhan Khusus (PLABK) Rumah Karunia memberikan materi Parenting Online tentang bagaimana mengasuh anak-anak berkebutuhan khusus yang juga layak untuk mendapatkan perhatian masyarakat.

Parenting Online ini juga diberikan sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat untuk mengedukasi lebih dalam tentang konsep pengasuhan, dimana masih banyak para orang tua yang memiliki anak-anak istimewa atau ABK merasa malu dan sulit untuk menerima kondisi anak mereka. Peran orang tua dalam proses pengasuhan akan berdampak besar pada proses tumbuh kembang ABK, sehingga sangat diharapkan pada parenting online ini orang tua aktif dan mau membuka diri serta bekerja sama dengan baik dalam berdiskusi untuk kemajuan dalam proses tumbuh kembang para ABK tersebut.

Pentingnya pengasuhan yang optimal menurut narasumber selain dapat meningkatkan kemampuan para ABK juga dapat membantu ABK tersebut mendapatkan pendidikan yang layak serta kemandirian secara sosial. Seperti yang diketahui istilah dari Anak Berkebutuhan Khusus atau Penyandang Disabilitas tentu memiliki keterbatasan dalam banyak hal, sehingga sangat perlu mendapat perhatian dan dukungan yang lebih banyak dibanding anak yang tumbuh dengan kondisi normal.

Kemampuan ABK yang dapat dikembangkan dengan optimal maka akan sangat membantu dalam proses kemandiriannya, sehingga saat tumbuh dewasa mereka-mereka yang berkebutuhan khusus tersebut punya skill dan rasa percaya diri yang baik, sehingga tidak selalu bergantung dengan orang lain sepanjang hidup mereka.





Komentar