Orientasi Pembinaan Keluarga

Balai Penyuluhan Keluarga Berencana (KB) Kecamatan Banjang, Kabupaten Hulu Sungai Utara pada bulan  Mei 2021  menyelenggarakan acara Pembinaan Keluarga Berencana, dalam kegiatan ini salah satu dosen PGMI STIQ Amuntai yaitu Ibu Hardiyanti Rahmah, M.Psi., Psikolog, diminta menjadi narasumber untuk menyampaikan materi tentang, “Orientasi Pembinaan Keluarga”. Para peserta dalam kegiatan ini adalah ibu-ibu yang menjadi kader tiap desa se Kecamatan Banjang.

Selama proses penyampaian materi tentang keluarga, para peserta juga banyak menanggapi dan menceritakan pengalaman-pengalaman mereka selama membina keluarga dan mengasuh anak. Kegiatan yang diselenggarakan oleh Penyuluh KB Kec. Banjang ini diharapkan mampu menambah pengetahuan para peserta tentang konsep berkeluarga dan memperbaiki pemahaman berkeluarga jika selama ini masih ada pola hubungan yang kurang baik dalam interaksi antar keluarga.

Para peserta menyampaikan ketika hubungan pernikahan itu sudah berjalan lebih dari 5 tahun apalagi sudah melewati puluhan tahun, maka kebanyakan hubungan hangat yang terbentuk di awal-awal membangun keluarga hilang karena kesibukan masing-masing, sikap romantisme kepada pasangan cenderung berkurang, tapi kemampuan dalam memahami pasangan dan menyikapi permasalahan di dalam keluarga semakin baik, sehingga konflik dalam rumah tangga juga berkurang. Dalam kondisi ini para peserta menyadari apa saja yang harus diperbaiki kembali dalam hubungan keluarga yang sudah terbentuk dan hal-hal yang perlu ditingkatkan terutama membangun kembali komunikasi yang hangat dengan pasangan, bukan hanya sekadar pembicaraan seputar masalah pokok kehidupan.




Komentar