PENGABDIAN MASYARAKAT : PELATIHAN 3 KALANGAN( ANAK-ANAK, REMAJA, DEWASA) PADA 3 TEMPAT

 Pada tahun ajaran 2021-2022 semester ganjil kali ini salah satu dosen STIQ Amuntai yang bernama Ahmad Rifa’I, M.Pd.I melakukan pengabdian masyrakat di 3 tempat yang berbeda dan peserta yang mengikuti juga pada jenjang umur yang berbeda, ada dari kalangan anak-anak, ada dari kalangan remaja dan pemuda, juga ada dari kalangan orang dewasa, dan tentunya dengan penyampaian materi pelatihan yang berbeda.

Dimulai pada tanggal 28 Juli 2021, bertempat di desa Lumbang kecamatan Muaya Uya, Kabupaten Tabalong, Rifa’i berbagi ilmu dan pengalaman tentang “Metode Mudah Belajar Membaca Alquran” kepada guru-guru TPA dan guru-guru Mts di desa tersebut dan desa tetangga. Pada pelatihan ini dosen STIQ Amuntai tersebut menekankan “Guru Alquran yang berkualitas akan menghasilkan murid-murid yang berkulitas pula”. Selain menyampaikan materi Alquran, Rifa’I juga memberikan materi pelajaran tambahan tentang “Bagaimana membaca karakter anak”, agar ketika pelaksanaan pembelajaran disekolah atau TPA guru mengetahui paham akan berbagai macam karakter anak-anak yang diajar.

   Sabtu pagi pada tanggal 07 Agustus 2021 Mengisi acara untuk anak-anak di desa Sungai Tabukan, kecamatan Sungai Tabukan, kabupaten Hulu Sungai Utara, yang mana kali ini Rifa’I memberikan motivasi semangat belajar untuk anak-anak dengan metode “Hypno Motivasi”. Anak-anak diajak untuk merasakan suasana yang nyaman serta relax. Ketika berada di alam bawah sadar, Rifa’I memberikan sugesti- sugesti positif kepada anak-anak, yang mana dengan sugesti positif tersebut diharapkan anak-anak yang ikut dalam acara tersebut semakain rajin belajarnya, semakin semangat dalam segala rutinitas ibadah kepada Allah, ta’at dengan apa yang diperintahkan kedua orangtua, serta semakin cinta dan rajin menghafal Quran.

Masih pada  tanggal dan hari itu, sehabis shalat Isya Rifa’I mengisi acara motivasi di pondok pesantren Ummul Qura Puteri di desa Pakapuran, kecamatan Amuntai Utara, kabupaten Hulu Sungai Utara. Peserta yang hadir pada saat itu banyak kalangan remaja (santri tingkat Mts dan MA) juga pemudi (kalangan mahasiswa). Dalam kesempatan ini Rifa’I menyampaikan materi dan tips agar mudah menghafal Quran serta semangat menuntut ilmu dan agar menjadi muslimah yang tangguh sesuai syari’at Islam. Rifa’I juga menekankan kepada para santri agar memperhatikan dan mengedepankan “ADAB KEPADA USTAZ/AH”, karena hanya dengan menjaga dan memperhatikan adab, maka ilmu akan menjadi berkah nantinya.







Komentar