Ad Code

Ticker

6/recent/ticker-posts

ACADEMIC WRITING: MENDESAIN BUKU AJAR MUDAH

Oleh: Ade Destri Deviana

Buku Ajar  menjadi sumber ajar dalam belajar yang merupakan Bahan yang dipelajari guna pembentukan pengetahuan, ketrampilan dan sikap untuk mencapai kompetensi inti yang ditetapkan. Buku ajar mengandung materi-materi ajar yang akan diajarkan oleh peserta didik. Buku Ajar disusun dengan metode R & D dengan prosedur-prosedur yang mudah dan bervariasi. Penyampaian prosedur penyusunan buku ajar ini dilaksanakan melalui online pada kuliah tamu tema Academic Writing oleh Dr. Ade Destri Deviana, M.Pd.I sebagai pembicara/narasumber, dosen STIQ Amuntai.  Pada hari Rabu, 27 Oktober 2021 jam 08.00-12.00.

Penyusunan buku ajar yang lebih mudah adalah dengan prosedur pengembangan Model Dick and Carry yang meliputi analisis, desain, pengmebangan, implementasi, dan evaluasi. Analisisi meliputi  hal tujuan Pembelajaran Analisis Instruksional (Analisa penentuan ketrampilan dan kompetensi apa yang diperlukan untuk mencapai sebuah tujuan), Analisis Siswa (Kemampuan Aktual siswa dan Gaya belajar), analisis Konteks, analisis Kurikulum. Desain meliputi perumusan tujuan Pembelajaran Khusus (Indikator Pembelajaran), dan menentukan tema dari materi yang dikembangkan. Pengembangan meliputi  pengembangan Materi sesuai Tema yang telah didesain pada kurikulum dan konteks, dan pengembangan pola pikir penyajian materi sesuai standar pengembangan materi ajar. Implementasi meliputi uji coba buku ajar dalam sampel kecil. Evaluasi meliputi  penilaian Tim Ahli untuk kelayakan buku ajar, penilaian berdasarkan hasil dari kelas eksperimen, kemudian revisi sesuai hasil evaluasi.

Desain materi ajar pada buku ajar meliputi Penyajian, kualitas isi, konstruksi dan penggunaan. Kualitas isi meliputi: Kelengkapan materi sesuai indicator, Keakuratan Konsep., Keakuratan gambar, Keakuratan istilah-istilah, Komunikatif, dan mendorong rasa ingin tahu. Dalam sesi ini juga dibahas mengenai kriteria kelayakan Buku Ajar  yang ditetapkan oleh BNSP. BSNP merupakan salah satu lembaga standar di Indonesia yang khusus menangani standar pendidikan. Lembaga tersebut telah menetapkan standar atau criteria buku ajar dikatakan layak dan harus dipenuhi. Kelayakan tersebut yaitu ada 4: Kelayakan Isi, Kelayakan Penyajian, kelayakan bahasa dan kelayakan kegrafikan.  Kelayakan Isi meliputi  Kesesuaian SK dan KD dalam Kurikulum, Keakuratan materi, Materi pendukung pembelajaran. Kelayakan Penyajian meliputi: Sistematika penyajian, Keruntutan penyajian, Keseimbangan antar bab, Aspek Kelengkapan Buku yaitu Bagian pendahuluan, Bagian Isi, dan Bagian penutup. Kelayakan Bahasa meliputi: Kesesuaian pemakaian bahasa dengan tingkat perkembangan siswa dan intelektualnya, Pemakaian bahasa yang komunikatif, Pemakaian bahasa memenuhi syarat keruntutan dan keterpaduan alur berfikir. Adapun indicator keruntutan dan keterpaduan alur berfikir. Kelayakan kegrafikan meliputi Ukuran Buku, Desain kulit buku  (Tata letak, Tipografi, huruf), Desain Buku (kesesuaian isi, tata letak, Tipografi Isi Buku, dan Daya kemudahan Pemahaman.  Untuk kelengkapan materi dapat dilihat melalui link youtube berikut: https://youtu.be/KPZTQAy74pE

 

Posting Komentar

0 Komentar