Ad Code

Ticker

6/recent/ticker-posts

Pelatihan Managemen dan Administrasi RDM di MTs NIPA Rakha Amuntai

Madrasah Tsanawiyah Normal Islam Putera Rakha Amuntai, pada hari sabtu tanggal 18 Juni 2022 menggelar Pelatihan Raport Digital Madrasah (RDM). Pelatihan berjalan dalam suasana santai di ruang Laboraturium MTs NIPA Rakha Amuntai dengan nara sumber adalah H. Ahmad Khalidi, S.Pd.I., MM selaku Dosen STIQ Amuntai. Peserta terdiri dari Wali Kelas sebanyak 15 orang, dan guru sejumlah 18 orang.


Kepala MTs NIPA Rakha berharap melalui kegiatan ini para guru dan wali kelas dapat memahami dan menerapkannya dalam pelaksanaan tugasnya. "Harapannya semua guru bisa menyimak apa yang diinstruksikan oleh nara sumber sehingga kedepan sudah bisa mengaplikasikannya sendiri. 


Dari segi pengoperasiannya aplikasi ini lebih mudah dibandingkan yang sebelumnya yaitu ARD. Waktu yang dibutuhkan untuk menginput nilai lebih cepat sehingga lebih efektif dan efisien. Sengaja sekoah mengundang pemateri dari perguruan tinggi yang menguasai aplikasi madrasah ini agar bisa memberikan penjelasan tentang langkah-langkah penggunaan aplikasi RDM sekaligus mempraktekkannya langsung sehingga lebih cepat dipahami bagi para guru. Melalui RDM ini baik Kepala Madrasah, guru, wali kelas hingga orang tua bisa memantau sejauh mana perkembangan capaian kompetensi siswa secara real time.


Untuk informasi RDM adalah aplikasi pengolahan dan pelaporan hasil belajar siswa yang dikembangkan oleh Ditjen Pendis Kemenag RI. Aplikasi ini merupakan penyempurnaan atas aplikasi sebelumnya yaitu ARD (Aplikasi Raport Digital) dengan berbagai perbaikan oleh tim teknis Kemenag. RDM juga berfungsi sebagai bank nilai siswa madrasah karena disimpan langsung dalam server pusat sehingga jika dibutuhkan sewaktu-waktu dapat digunakan.





Posting Komentar

0 Komentar