Saat ini, dunia pendidikan di
Indonesia sedang beradaptasi dengan kurikulum baru yaitu kurikulum merdeka. Kurikulum
Merdeka merupakan kurikulum dengan pembelajaran intrakurikuler yang beragam di
mana konten akan lebih optimal agar peserta didik memiliki cukup waktu untuk
mendalami konsep dan menguatkan kompetensi.
Dalam
kurikulum merdeka dikenal konsep pembelajaran berdiferensiasi. Pembelajaran berdiferensiasi
adalah pembelajaran yang mengakomodir kebutuhan belajar murid. Guru
memfasilitasi murid sesuai dengan kebutuhannya, karena setiap murid mempunyai
karakteristik yang berbeda-beda, sehingga tidak bisa diberi perlakuan yang
sama. Dalam menerapkan pembelajaran berdiferensiasi guru perlu memikirkan
tindakan yang masuk akal yang nantinya akan diambil, karena pembelajaran
berdiferensiasi tidak berarti pembelajaran dengan memberikan perlakuan atau
tindakan yang berbeda untuk setiap murid, maupun pembelajaran yang membedakan
antara murid yang pintar dengan yang kurang pintar.
Oleh
karena itu, untuk memersiapkan guru yang berkompetensi dan professional dibidangnya, serta siap menerapkan
pembelajaran berdiferensiasi ini , maka Analog Teacher of Learning (ATL) mengadakan Diklat Pendidikan Nasional dengan
tema “ Pembelajaran Berdiferensiasiuntuk Peserta Didik dalam Merdeka Belajar”
dengan bertujuan mempersiapkan seorang Pendidik
professional, cakap, dan inovatif dalam mencetak generasi yang memiliki semangat
dan motivasi belajar. Diklat Pendidikan Nasional ini dilaksanakan selama 4 hari
yaitu tanggal 9, 10, 11, dan 12 November 2022 dengan 8
narasumber dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Salah satu
Pemateri adalah dosen dari STIQ Amuntai yaitu Nida Mauizdati, M.Pd yang
memberikan materi pada tanggal 12 November 2022 dengan judul “Mengoptimalkan
Gaya Belajar Siswa”
Penerapan pembelajaran
berdiferensiasi akan memberikan dampak bagi sekolah, kelas, dan terutama kepada
murid. Setiap murid memiliki karakteristik yang berbeda-beda, tidak semua murid
bisa kita beri perlakuan yang sama. Karenanya guru diantaranya juga harus
melakukan pemetaan terhadap kebutuhan siswa termasuk juga perbedaan gaya
belajarnya. Hal ini agar pembelajaran dapat berlangsung optimal.
0 Komentar