Ad Code

Ticker

6/recent/ticker-posts

PENYELENGGARAAN IBADAH IDUL ADHA

Ritual ibadah idul adha adalah salah satu ritual yang menggabungkan antara hubungan seorang hamba dengan tuhannya, serta hubungan hamba dengan sesamanya. Pada hari raya Idul Adha umat Islam di berbagai belahan dunia merayakan hari besar ini dengan du acara utama, yaitu bagi mereka yang sedang berada di tanah suci Makkah, menyempurnakan ritual haji mereka, sedangkan bagi mereka yang sedang tidak mengerjakan ibadah haji, maka mereka disunnahkan untuk melaksanakan shalat sunat Idul Adha, serta menyembelih binatang berupa sapi, kambing, ataupun sejenisnya sebagai bentuk ibadah qurban.

Sebagai salah satu dosen STIQ Amuntai yang juga bagian dari masyarakat, Akhmad Rusydi, MA ikut andil dan mengambil tugasnya dalam mengabdi kepada masyarakat dengan cara ikut melayani dan membantu terlaksananya ritual ibadah shalat Idul Adha dan proses penyembelihan ibadah Qurban tahun 1444 H. Adapun pada pelaksanaan ibadah shalat idul Adha, maka Rusydi bertugas menjadi imam dan khatib di mushalla Nurul Sya`ah desa Pakacangan.

Sedangkan untuk pelaksanaan ibadah Qurban, maka Rusydi menjadi panitia arisan Qurban Mushalla Nurul Huda Desa Lok Bangkai, Rusydi bertugas mengelola keuangan peserta arisan serta mencari dan membeli sapi dari para pedagang, serta mendistribusikan pembagian daging Qurban kepada masyarakat sekitar Mushalla Nurul huda.

Selain bertindak sebagai panitia Qurban, dan Imam serta khatib dalam pelaksanaan ritual ibadah Idul Adha, Rusydi juga aktif sebagai anggota PPK Banjang, dan menjadi salah satu ustadz yang bertugas menjawab pertanyaan umat pada aplikasi tanyaustadz.com.



Posting Komentar

0 Komentar