Ad Code

Ticker

6/recent/ticker-posts

Strategi Menulis Karya Ilmiah & Management Open Journal System (OJS)

 

Foto Bersama narsum dan peserta

Sebagai perguruan tinggi swasta, Sekolah Tinggi Ilm Tarbiya (STIT) Syekh Muhammad Nafis Tabalong terus berupaya dalam meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di lingkungan perguruan tinggi. Peningkatan kualitas SDM ini merupakan program yang diusung oleh Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) dengan mengadakan kegiatan Workshop "Strategi Menulis Karya Ilmiah dan Management Open Journal System" yang  dilaksanakan pada Kamis 16 Februari 2023 mulai jam 09.00 Wita - selesai bertempat di ruang pengelola. Adapun susunan kegiatan workshop ini antara lain, (1) Pembukaan (2) Sambutan (3) penyampaian materi dan (4) penutup dan doa.

Kegiatan ini dibuka oleh Ketua STIT Syekh Muhammad Nafis Tabalong, yang diwakili oleh Dr. H. Wahyu Wibowo, MM. Dalam sambutannya, beliau sangat mengapresiasi dari kegiatan workshop ini dan kegiatan ini merupakan agenda untuk menghidupkan publikasi ilmiah perguruan tinggi. Hal ini karena publikasi ilmiah merupakan salah satu kewajiban dosen dan Tridarma perguruan tinggi.

Narsum Ridhatullah menyampaikan materi

Kegiatan tersebut mengundang dua narasumber, pertama, bapak Ridhatullah Assya’bani, M.Ag menjelaskan strategi dalam penulisan ilmiah dalam bentuk jurnal. Dalam penyampaiannya, Ridhatullah Assya’bani memberikan beberapa strategi dalam membuat judul yang menarik, menulis abstrak, dan trik dalam sistematisasi logika berpikir pada pendahuluan/latar belakang masalah. Kemudian dilanjutkan oleh bapak Hasan, MA.Hum yang menjelaskan tentang pengelolaan Open Journal System (OJS). Beliau berpengalaman sebagai pengelola jurnal Al Mi'yar: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Arab dan Kebahasaaraban terakreditasi Sinta 4. Dalam pemaparannya, bapak Hasan, MA.Hum menjelaskan perkembangan jurnal dari versi cetak dan/hingga versi online, strategi dalam pemilihan jurnal, seluk-beluk pengelolaan jurnal online, proses registrasi pada OJS hingga penerbitan artikel pada OJS tersebut.

Narsum Hasan menyampaikan materi

Kegiatan ini dihadiri oleh karyawan dan dosen STIT Syekh Muhammad Nafis Tabalong. Dari kegiatan ini diharapkan mampu memberikan stimulus kepada para dosen untuk terus mengembangkan diri, khususnya dalam publikasi ilmiah.

Materi dapat diunduh DI SINI

Posting Komentar

0 Komentar