Dalam
era revolusi teknologi saat ini, kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI)
telah menjadi bagian tak terpisahkan dari berbagai bidang, termasuk dunia
pendidikan. Guru dan tenaga pendidik kini memiliki kesempatan untuk
memanfaatkan AI sebagai alat bantu yang efektif dalam merancang pembelajaran
yang lebih kreatif, efisien, dan personal.
Menggunakan
AI dalam proses mengajar bukan berarti menggantikan peran guru, melainkan
memperkaya dan mempercepat berbagai aspek tugas pendidik, mulai dari pembuatan
materi ajar, penyusunan soal, personalisasi pembelajaran, hingga memberikan
umpan balik kepada siswa. Dengan keterampilan dasar yang tepat, guru dapat
mengoptimalkan potensi AI untuk menciptakan lingkungan belajar yang lebih
menarik, adaptif, dan sesuai dengan kebutuhan peserta didik.
Melalui
tema ini, kita akan mengenal berbagai keterampilan penting yang perlu dikuasai
untuk menggunakan AI secara efektif dalam kegiatan mengajar sehari-hari.
Harapannya, para pendidik dapat menjadi lebih siap menghadapi tantangan zaman
dan terus berinovasi demi meningkatkan kualitas Pendidikan. Harapan ini
didukung oleh Analog Teacher Of Learning dengan mengadakan Diklat
Nasional 32 JP pada tanggal 24 sampai 27 April 2025 yang di ikuti oleh berbagai
Perguruan Tinggi Nasional di Indonesia sebagai narasumbernya. Salah satunya
dari Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur`an Amuntai yaitu Mardiana, M.Pd. Dosen dari
Prodi PGMI yang menyampaikan materi tentang “ Dampak AI dalam Pengembangan
Keterampilan Dasar Membaca dan Menulis".
Transformasi digital yang dipicu
oleh kecerdasan buatan (AI) telah merevolusi berbagai sektor, termasuk
pendidikan. Keterampilan dasar membaca dan menulis sebagai fondasi utama dalam
pembelajaran kini mengalami perubahan pendekatan seiring integrasi AI dalam
proses pendidikan. AI memungkinkan adaptasi materi, analisis kebutuhan siswa
secara individual, serta pemberian umpan balik otomatis yang mempercepat
perkembangan literasi. Namun, penggunaan AI juga menimbulkan tantangan,
terutama terkait dengan ketergantungan teknologi dan perlunya literasi digital.
Oleh karena itu, penting untuk mengkaji secara kritis dampak AI terhadap
pengembangan keterampilan dasar membaca dan menulis serta implikasinya terhadap
peran guru dalam ekosistem pembelajaran.
0 Komentar