Pelatihan Membuat Video Presentasi Rekam Layar dengan OBS Studio

 


Perkuliahan online di STIQ Amuntai berlangsung sejak maret 2020. Selama hampir tiga semester ini, kegiatan perkuliahan yang biasanya diisi dengan presentasi makalah dari mahasiswa, dialihkan ke platform online seperti Whatsapp grup, youtube, atau zoom. Presentasi materi dari mahasiswa digantikan/dilakukan dengan video yang dibagikan ke teman-temannya. Dalam hal ini sangat penting mahasiswa memiliki kemampuan membuat video presentasi yang bagus agar materi yang disampaikan menjadi lebih mudah dipahami dan menarik untuk disimak.

Menyikapi hal ini, pada Jum’at 30 Juli 2021, Nida Mauizdati M. Pd, dosen STIQ Amuntai memberikan pelatihan menggunakan OBS Studio untuk membuat video presentasi sederhana dengan fitur rekam layar kepada mahasiswa/i penerima KIP Kuliah semester 2. Pelatihan ini bertempat di ruang 104 gedung kuliah STIQ Amuntai dan dihadiri oleh 10 peserta.

Materi pelatihan ini yaitu membuat video presentasi dengan fitur rekam layar (display capture atau window capture) serta video capture. Melalui pelatihan ini, diharapkan mahasiswa dapat memahami dan mempraktikkan pembuatan videonya untuk proses perkuliahan nantinya.


Komentar