Ad Code

Ticker

6/recent/ticker-posts

Dosen STIQ Amuntai Sebagai Fasilitator Daerah pada Program Organisasi Penggerak Sekolah Literasi Indonesia

 

Nama Kiri: Reza Wahyu Hernadi, S.Pd.I, Rina Emilyana, Syarifuddin, S.Pd.I., M,Pd (FASILITATOR DAERAH)

POP-SLI Program Organisasi Penggerak Sekolah Literasi Indonesia merupakan kegiatan yang mengacu kepada program pemerintah Merdeka Belajar. Pemerintah sangat gencar untuk meningkatkan kemampuan peserta didik dalam hal kemampuan membaca, sains dan matematika. Berdasarkan survei Programme for International Student Assessment (PISA) 2018 yang diterbitkan pada maret 2019 Bisa dilihat hasil PISA Dalam kategori kemampuan membaca, sains, dan matematika, skor Indonesia tergolong rendah karena berada di urutan ke-74 dari 79 negara. Maka dengan program-program yang di keluarkan pemerintah seperti, program Guru Penggerak, Sekolah Penggerak, dan Organisasi Penggerak diharapkan bisa mendorong tercapainya kenaikan angka di PISA.

Menjawab dari tantangan tersebut oleh Dompet Dhuafa dengan Program Sekolah Literasi Indonesia yang masuk dalam Program Organisasi Penggerak POP melaksanakan kegiatan di Aula dinas Pendidikan kota Amuntai. Adapaun kegiatan ini adalah untuk meningkatkan dan nambambah wawasan guru tentang literasi agar nantinya bisa dengan mudah mengajar peserta didik. Materi pertama yang disampaikan adalah FRA (Fun Reading Aktivity) dan materi kedua adalah FLA (Fun Literacy Aktivity).

Materi FRA membahas tentang bagaimana kegiatan membaca yang bisasa diadakan sekolah begitu membosankan dirubah menjadi membaca menyenagkan. Dengan metode yang ditampilkan adalah cara membaca lantang, membaca Bersama, berpasangan dan membaca mandiri. Adapun materi yang kedua adalah FLA yaitu memberikan wawasan kepada guru agar bisa memberikan hiburan yang mendidik dalam kegiatan literasi. Seperti memberikan permainan TOMEDO (Topeng Media Dongeng), Bunga Huruf, Estafet Puzzle, dan Walking Story.

Kegiatan ini dilaksnakan oleh Dinas Pendidikan yang menjadi ketua pelaksana adalah bapak H Junaidi Gunawan, M.Pd yang menghadirkan Narasumber fasilitator daerah SLI tiga orang yang pertama Rina Emilyana, yang kedua Syarifuddin, S.Pd.I., M,Pd dan yang ketiga Reza Wahyu Hernadi, S.Pd.I yang sudah mendapatkan pelatihan di kota Bogor. Adapun yang membuka kegiatan adalah bapak Ahadi Ilhami, M.Pd. peserta dalam kegiatan ini dihadiri oleh 100 peserta yang terdiri dari 10 orang kepala sekolah dari berbagai SDN dan 90 orang guru dari 10 sekolah yang berbeda.

Dengan diadakannya kegiatan ini, maka diharapkan guru-guru yang ada di HSU menjadi lebih termotivasi dalam mengembangkan kemampuan literasi. Hingga nantinya akan membawa keceriaan dalam kegiatan belajar mengajarnya di kelas. (Penulis:Syarifuddin)

 

Posting Komentar

0 Komentar