Ad Code

Ticker

6/recent/ticker-posts

Kegiatan Intervensi Pelaksanaan Program Ketahanan Keluarga Anti Narkoba

 


Pada tanggal 12 dan 19 Mei serta 02 dan 09 Juni tahun 2022 Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Hulu Sungai Utara menyelenggarakan acara “Kegiatan Intervensi Pelaksanaan Program Ketahanan Keluarga Anti Narkoba”, dimana salah satu narasumbernya adalah Dosen Prodi PGMI STIQ Amuntai yaitu Ibu Hardiyanti Rahmah, M.Psi., Psikolog, yang berkesempatan menyampaikan 4 materi berbeda pada 4 hari pelaksanaan kegiatannya, yaitu:

1. Keterampilan Memahami Anak dan Mengenal Perkembangan Anak bagi Orang Tua, untuk Mengenali Kebaikan Diri dan Kualitas Positif dalam Keluarga.

2. Memberi Perhatian dan Penghargaan untuk Anak serta Keterampilan Memahami Karakteristik Anggota Keluarga.

3. Keterampilan Memahami Diri (Tantangan, Stress, Cara Mengatasi Stress untuk Orang Tua dan Membantu Mengatasi Stres pada Anak).

4. Keterampilan Orang Tua untuk Berkomunikasi dan Mengelola Perilaku Agresif dan Tekanan Teman Sebaya pada Anak.

Dalam 4 materi tersebut, semuanya menekankan pada pentingnya orang tua memiliki pengasuhan yang baik kepada anak, sehingga orang tua bisa membangun hubungan baik dengan anaknya dan bisa menguatkan dan membantu anak, ketika anak mengalami masalah. Komunikasi yang terbuka antara orang tua dan anak akan membantu anak menjadi pribadi yang bisa membuka dirinya dengan baik kepada orang tuanya dan tidak takut menceritakan segala masalah yang dialami. Sehingga menjadi salah satu cara menghalangi anak mendapat pergaulan negatif di luar rumah dan mengenal obat-obatan yang membahayakan seperti NAPZA dan lainnya.


Posting Komentar

0 Komentar