Ad Code

Ticker

6/recent/ticker-posts

WORKSHOP KEPENULISAN IIQ AN NUR BANTUL YOGYAKARTA MATERI MEDIA PEMBELAJARAN ERA DIGITAL

 

Sabtu tanggal 26 November 2022 adalah acara Workshop Kepenulisan dengan tema Optimalisasi Peran Generasi Muda dalam Berkreasi dengan Terampil melalui Karya Tulis. dengan rangkaian acara 3 sesi dengan  3 narasumber bertempat di Ruang Auditorium IIQ AN Nur Yogyakarta. Salah satu pemateri adalah dosen dari STIQ Amuntai yaitu Muhammad Majdi, M.Pd yang memberikan materi di sesi ke-3 yang diselenggarakan via daring dengan judul Pengembangan Media Digital.

Pembelajaran adalah Kegiatan Belajar dan mengajar dalam proses perolehan ilmu. Media Untuk menyampaikan pesan atau informasi dalam proses belajar mengajar sehingga dapat merangsang perhatian dan minat siswa. Tujuan media Mempermudah proses pembelajaran, efisiensi pembelajaran, Menjaga relevansi materi dengan tujuan, dan membantu konsentrasi siswa. Sedangakn era digital Perkembangan suatu era atau zaman  dalam ranah kehidupan  ke arah yang serba digital. Jadi pembelajaran era digital adalah proses belajar mengajar untuk mendapatkan sebuah pengetahuan, keterampilan dan sikap melalui bantuan digital. Pembelajaran digital juga merupakan suatu sistem yang dapat memfasilitasi pembelajar belajar lebih luas, lebih banyak, dan bervariasi. Pembelajaran era digital terbagi menjadi 3 klasifikasi pengaplikasianya. 1) Kelas Daring, 2) Pemanfaatan dalam pengerjaan tugas, 3) Pemanfaatan dalam administrasi

Pengelolaan kelas daring seperti menggunakan ruang virtual Zoom, Google Meet, Ms teams, E-Learning dll. Pemanfaatan dalam pengerjaan tugas seperti Microsoft (dulu mesin ketik), Video Pembelajaran, Cek plagiasi, Perpustakaan digital (ipusnas), Buku pdf, Voice to text, Translate otomatis, Parafrase otomatis. Dll, Ujian online (hemat waktu dan biaya), Membuat peta konsep tidak terbatas dann mudah (mindomo). Pemanfaatan Administrasi seperti Google form, Surat (tanda tangan dan stempel), Sertifikat  dll, Email (Surat ijin tidak perlu tulis tetapi mengikuti template).

Manfaat pentingnya literasi digital

1.      Menghemat waktu (mencari referensi, pelayanan online)

2.      Belajar lebih cepat (google dll).

3.      Menghemat biaya (ujian online)

4.      Membuat lebih aman. (kasus ketempat daerah baru bias mengenal daerah tersebut terlebih dahulu)

5.      Selalu memperoleh informasi terkini.

6.      Membuat keputusan yang lebih baik. (banyak sumber)

7.       Membantu pekerjaan atau membuat pekerjaan

8.       Membuat lebih bahagia

9.       Mempengaruhi dunia (karya)




Posting Komentar

0 Komentar