Ad Code

Ticker

6/recent/ticker-posts

Pelatihan Pembuatan Dan Penggunaan Akun Google Scholar dan Sinta

 


Ketua Sekolah Tnggi Ilmu Pertanian (STIPER) Amuntai Dr. Ir. H. Ahmad Suhaimi, DEA menginisiasi pelatihan pembuatan dan penggunaan akun Google Scholar (Google Cendikia) dan Sinta (Science and Technology Index) bagi seluruh dosen tetap. Salah satu tujuan diselenggarakannya kegiatan ini untuk kesiapan dosen dalam rangka reakreditasi institusi dan prodi yang ada di STIPER Amuntai.

Kegiatan ini mengundang pemateri dari kampus yang ada di Kota Amuntai yakni H. Hasan, MA.Hum Ketua Publikasi Ilmiah di Sekolah Tinggi Ilmu Quran (STIQ) Amuntai. Dalam kesempatan ini, Hasan tidak hanya memberikan materi, tetapi langsung membimbing para peserta dalam pembuatan Google Scholar dan Sinta,. Hasan bahkan tidak canggung melihat satu persatu laptop peserta guna memastikan pembuatan akun tidak ada kendala.

Peserta tampak antusias dalam pelatihan ini, karena sejauh ini ternyata masih banyak dosen yang sudah banyak menulis tulisan ilmiah, namun tidak terpublish di akun Google Scholar dan Sinta. Tampak hadir pejabat struktural di lingkungan STIPER Amuntai dari Waket 2 dan 3, Kaprodi Agroteknologi dan Agrobisnis yang ikut sampai akhir pelatihan. Kegiatan ini diselenggarakan pada Selasa, 21 Februari 2023 di Ruang perkuliahan ini didominasi peserta dari dosen.



Dalam penjelasannya, Sofyan menuturkan penggunaan akun GS dan Sinta, ini tidak hanya berguna untuk akreditasi saja, namun bagaimana agar karya para dosen dapat diakses oleh dunia luar. Selain itu jika diterapkan, hal ini akan melindungi penulis dari pihak lain yang ingin melakukan plagiasi. Penerapan Google Scholar dan Sinta I tentunya tidak lepas dari Era Digital, di mana semua hal dituntut untuk tidak terlepas dari digital, akses kemudahan dengan jaringan internet, dan transparansi. Maka dosen pun dituntut untuk tidak “gaptek” dalam hal ini. (HH)

 

Posting Komentar

0 Komentar