Ad Code

Ticker

6/recent/ticker-posts

Khutbah Jum'at, Mesjid Ar-Raudhah Desa Galumbang Kec. Juai Kab. Balangan

 



KHUTBAH JUMAT


Mesjid Ar-Raudhah Desa Galumbang Kec.Juai Kab.Balangan

Jumat, 23 Agustus 2024

Khatib : H. Ahmad Khalidi

Materi Khutbah

SAAT WAKTUNYA TIBA SEMUANYA AKAN DIKEMBALIKAN

الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِيْ أَنْعَمَنَا بِنِعْمَةِ اْلإِيْمَانِ وَاْلإِسْلاَمِ. وَنُصَلِّيْ وَنُسَلِّمُ عَلَى خَيْرِ اْلأَنَامِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْمَعِيْنَ أَمَّا بَعْدُ

 أَشْهَدُ أَن لاَّ إِلَهَ إِلاَّ الله وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُـحَمَّداً عَبْدُهُ وَرَسُولُه.

أَللهُمَّ صَلِّ وَ سَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَ عَلَى آلِهِ وَ صَحْبِهِ أَجْمَعِيْنَ

أَمَّا بَعْدُ، فَيَا عِبَادَ اللهِ أُوْصِيْكُمْ وَنَفْسِيْ بِتَقْوَى اللهِ وَطَاعَتِهِ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُوْنَ.

قَالَ الله تَعَالى فى كتابه الكريم : 

“يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلَا تَمُوتُنَّ إِلَّا وَأَنْتُمْ مُسْلِمُونَ”

Maasyiral Muslimin...

Kehilangan adalah bagian dari perjalanan hidup manusia yang tidak dapat dihindarkan. Apakah itu kehilangan orang yang sangat kita cintai dan sayangi, kehilangan pekerjaan atau bahkan kehilangan sesuatu yang kita anggap sangat penting. 

Perasaan kehilangan sering kali membuat hati kita menjadi hancur dan jiwa kita terluka. Namun, di tengah kesedihan itu, ada sebuah pelajaran berharga yang dapat kita ambil, yaitu keikhlasan dalam menerima bahwa segala sesuatu yang kita punya di dunia ini hanyalah titipan dari Allah Swt, semuanya milik Allah dan akan dikembalikan kepadaNya.

Seandainya kita semua tahu bahwa ujung dari segala kepunyaan kita saat ini adalah untuk dikembalikan. Maka Insya Allah tidak akan ada beban di dalam hati kita.

Harta benda yang kita punya, pengaruh kekuasaan yang kita dapatkan, kehormatan yang kita raih, pekerjaan yang kita banggakan, anak, istri, suami, orangtua dan apa saja yang saat ini ada bersama kita, suatu saat akan datang waktunya semua itu akan dikembalikan. Kalau bukan karena waktu, ya karena maut yang memisahkan.

Kita harus siap dan ikhlas, bahwa pada akhirnya semua titipan itu harus dikembalikan. Terlebih jika Allah sudah memintanya. 

Kalau Allah Swt yang punya sudah berkehendak mengambilnya, maka jangan bersikukuh, jangan kecewa dan jangan bersedih seolah itu adalah milik kita seutuhnya. Jangan merasa berhak, sebab sesungguhnya kita tidak mempunyai hak.

Jangan pernah merasa memiliki apapun atas apa yg ada di dunia ini, agar tak mudah hati ini terpaut pada sesuatu yg sebenarnya hanyalah titipan. 

Ada waktu dan masanya harta benda itu boleh kita gunakan, kalau sudah tidak bisa lagi digunakan berarti rezeki kita sudah selesai.

Ada masanya orang-orang terdekat kita, apakah itu orang tua, isteri, suami dan anak-anak akan pergi meninggalkan kita. Kalau itu terjadi, berarti jodoh kita sudah selesai.

Harta yang siang malam kita cari, suami atau isteri yang sangat kita cintai, anak-anak yang selalu kita banggakan. Ingat semunya adalah titipan, kalau kita tahu itu adalah titipan, maka kita harus siap dan ikhlas jika pada akhirnya akan berpisah dengan semuanya itu.

Maasyairal Muslimin...

Kita ini hanya bisa manut dan ikhlas. Yang terpenting selama nikmat itu masih ada dengan kita, maka rawatlah dengan baik, karena itu yang nantinya akan dimintai pertanggungjawaban, saat kita merawatnya bukan saat kehilangannya.

Kalau kita sudah tahu ujungnya harus dikembalikan. Maka seorang hamba yang baik akan melakukan 2 hal :

1. Pertama, saat masih ada, fokusnya adalah merawat titipan itu dengan sebaik-baiknya. Agar saat nanti diambil kembali oleh Allah Swt. kita bisa mengembalikannya dengan keadaan yang terbaik. Ini juga bentuk rasa syukur.

2. Kedua, siap ikhlas saat melepas. Karena semua pasti ada waktu dan masanya. Semua pasti ada alasannya.

Dan ingat ! tidak ada sesuatu pun yang Allah ambil dari seorang hamba yang bersabar dan ikhlas hatinya, kecuali Allah Swt akan gantikan baginya sesuatu yang lebih baik. Entah itu di dunia, ataupun nanti kelak di surgaNya.

Maasyiral Muslimin...

Akhirnya marilah kita memohon dan berdoa, semoga Allah Swt selalu memberikan petunjuk kepada kita semua agar selalau berada di jalan yang diridai-Nya. Aamiin


فَمَنْ يَعْمَلْ مِثْقَالَ ذَرَّةٍ خَيْرًا يَرَهُ  ,وَمَنْ يَعْمَلْ مِثْقَالَ ذَرَّةٍ شَرًّا يَرَهُ


بارك الله لي ولكم فى القرآن العظيم, ونفعني وإياكم بما فيه من الأيات والذكر الحكيم, وتقبل مني ومنكم تلاوته, إنه هوالسميع العليم . أقول قولي هذا, واستغفر الله العظيم, لي ولكم ولسائر المسلمين والمسلمات, والمؤمنين والمؤمنات,فاستغفروه, إنه هوالغفور الرحيم


Posting Komentar

1 Komentar